Saturday , December 16 2017
Home / Gaya Hidup / Tips Menambah Tinggi Badan
Tips Menambah Tinggi Badan
Tips Menambah Tinggi Badan

Tips Menambah Tinggi Badan

Tips Menambah Tinggi Badan
Tips Menambah Tinggi Badan

Tubuh dengan tinggi badan yang ideal tentu saja menjadi dambaan semua orang. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki tubuh yang tinggi, ini disebabkan karena pertumbahan tinggi setiap orang berbeda-beda, tergantung usaha dan faktor genetik setiap orang. Tubuh pendek bisa terjadi karena beberapa hal selain faktor genetik, yaitu kekurangan hormon pertumbuhan. Hormon ini berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan tulang anda.

Berikut disajikan beberapa tips untuk menambah tinggi badan :

1. Faktor gizi

Tips menambah tinggi badan yang paling umum adalah faktor gizi. Pastikan anda berkecukupan zat-zat pembangun tubuh seperti : protein, lemak, vitamin (vitamin A dan D) dan mineral (zat besi, kalsium, seng, dan yodium), karena zat-zat tersebut mempunyai peranan besar dalam mempengaruhi peninggian badan.

2. Faktor genetik

Seperti yang kita ketahui bahwa faktor genetik juga merupakan salah satu faktor dominan yang menentukan tinggi badan seseorang. Orang tua yang memiliki tinggi badan yang ideal dapat membuka potensi memiliki anak dengan tinggi badan yang ideal pula.

3. Melakukan stretching

Stretching merupakan salah satu bentuk olahraga untuk mempertinggi badan. Stretching merupakan gerakan merenggangkan badan, sehingga tulang-tulang punggung tertarik memanjang. Lakukan gerakan ini secara rutin dan intensif, sehinnga dapat merangsang penambahan panjang tulang-tulang punggung.

4. Melakukan Hanging

Hanging dilakukan dengan cara bergantung dengan kedua tangan. Gerakan ini sangat membantu pertumbuhan tulang-tulang punggung dan otot.

5. Melakukan Kicking

Gerakan ini berupa menendang-nendangkan kaki, gerakan ini dapat dikombinasikan dengan hanging. Gerakan ini sangat merangsang pertumbuhan tulang kaki. Lakukan gerakan ini dengan rutin untuk mencapai hasil yang optimal.

6. Bersepeda

Bersepeda dapat merangsang pertumbuhan panjang kaki. Akan tetapi, bersepeda juga ada tekniknya. Disarankan anda menapak pedal secara rata (tidak jinjit), punggung tegap tidak membungkuk. Lakukan secara teratur untuk mencapai hasil yang anda inginkan.

7. Berenang

Mungkin anda sudah sering sekali melihat kata berenang dalam tips menambah tinggi badan. Hal itu disebabkan karena, berenang sudah terbukti dapat menambah tinggi badan seseorang. Menurut fakta medis, pada saat berenang seluruh badan mengalami perenggangan dari badan sampai ujung kaki. Sehingga, berenang merupakan tips paling ampuh untuk menambah tinggi badan.

8. Olahraga basket atau voli

Dalam olahraga basket atau voli, tubuh sering kali melakukan gerakan melompat-lompat keatas. Loncatan yang melawan gravitasi ini menimbulkan rangsangan pada tubuh yang dapat menambah tinggi badan, maka tak heran jika kita lihat para atlit basket ataupun voli mempunyai tinggi badan yang ideal.

9. Jogging

Jogging dipagi hari bukan hanya dilakukan untuk memicu pembakaran dalam tubuh. Dengan terjadinya pembakaran ini, lemak tubuh akan terbakar sehingga berat badan maupun tinggi badan anda akan terjaga.

10. Mengonsumsi makanan sehat

Disarankan anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang sangat berguna untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang. Makanan yang banyak mengandung vitamin A antara lain: wortel, kuning telur, hati, sayuran hijau, susu, margarine, dan buah-buahan. Selain vitamin A, masih banyak lagi sumber gizi lainnya yang tidak kalah penting, diantaranya : vitamin B1,C,D,F,K yang dapat membantu pertumbuhan tinggi badan.

Selain itu, zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh dalam rangka menambah tinggi badan adalah mineral. Karena zat ini membentuk sebagian besar tulang dan gigi serta mengatur fungsi tubuh lainnya. Makanan yang banyak mengandung zat mineral antara lain : susu, ikan sarden, kacang kedelai, dll.
Protein juga berperan penting dalam menambah tinggi badan. Akan tetapi, kebutuhan protein setiap individu sangatlah berbeda, tergantung pada fisik dan usia. Biasanya orang yang masih muda, cenderung memerlukan asupan protein lebih besar dari pada orang yang sudah tua.

Tips menambah tinggi badan yang terakhir adalah minum air putih. Faktanya, sebagian besar tubuh kita berupa cairan, dianjurkan untuk mengonsumsi air sebanyak 6 sampai 8 gelas sehari.
Lakukan tips-tips diatas secara teratur dan baik, dan anda dapat melihat hasilnya dalam beberapa bulan ke depan.

Semoga tips menambah tinggi badan ini dapat bermanfaat bagi orang yang memerlukannya.

About admin

Check Also

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sering dihadapi banyak orang yang tanpa mereka sadari mereka telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *