Friday , October 20 2017
Home / Bayi / 3 Tips Memilih Susu Bayi
Tips Memilih Susu Bayi
Tips Memilih Susu Bayi

3 Tips Memilih Susu Bayi

Susu merupakan makanan bayi yang merupakan zat penting bagi bayi, susu bayi merupakan makanan yang harusnya bergizi dan  tidak menimbulkan masalah bagi tubuh bayi.namun tidak ada salahnya kita hharus waspada dalam menentukan susu bayi yang ingin di minum oleh bayisebab keslahan memilih dapat membuat pertumbuhan anak anda terhamabat. Oleh karena itu kami memberikan tips memilih susu bayi yang baik bagipara ibu ibu.

Tips Memilih Susu Bayi
Tips Memilih Susu Bayi

Tips memilih susu bayi adalah sebagia berikut :

1. Pilihlah susu formula yang sudah ditambahi dengan zat besi atau iron. Yang berguna sebagai penambah kecerdasan anak dan membuat anak  tumbuh serta berkembang dengan baik. Zat besi atau iron, sangat diperlukan dalam pertumbuhan serta perkembangan otak anak  anak yang tengah dalam masa perumbuhan. Anak yang memiliki serta tercukupi gizi atas zat besi dan iron ini dapat berkembang dan mempunyai tubuh yang sehat.

2. Bagi anda yang memiliki dana pas – pasan, terlebih dahulu pertimbangkan dalam pemilihan produk susu terbaik buat anak anda akan kelangsungan dalam pemberian susu terus berlanjut. Perlu kalian ingat, kandungan gizi yang ada dalam susu formula hampir sama dan tidak di tentukan oleh harga yang mahal. Jadi jika memilih susu formula untuk bayi, harus mengetahui apakah tingkat kesanggupan kita untuk membeli produk susu tersebut dapat terpenuhi atau tidak , sebab kerutinan membeli susu akan membuat anak setiap hari mendapatn gizi dari susu yang ia minum.

3. Pastikan susu formula yang anda pilih cocok untuk bayi anda atau tidak menimbulkan ketidak cocokan, terkadang ada anak anak yang alergi akan susu sapi maka merka tidak cocok untuk menggkonsumsi susu sapi tersebut oleh karena itu  konsumsi  susu sapi  tidak boleh diberikan dan anda dapat memilih varian susu lain seperti :

  • Susu kambing
  • Susu kedelai
  • Susu onta
  • Dan berbagai susu lain

NB : Konsultasikan ke dokter jika anak anda mengalami sakit setelah mengkonsumsi susu yang diberikan.

Tips memilih susu bayi telah di berikan, kemudian  tips agar mengurangi kontaminasi susu bayi harus anda ketahui, sebab susu yang baik dan higienis membuat keadaan anak anda baik pula.

Caranya antara lain :

  1. Gunakan air untuk membuat susu tersebut menggunakan air yang baik dan higienis. Jika menggunakan air  isi ulang maka lebih baik anda memasakulang air tersebut hingga mendidih. Jangan memebrikan air sumur yang belum teruji ke higienisannya.
  2. Rebus beberapa menit  air tersebut untuk mematikan bakteri dan kuman lainnya.
  3. Sebelum menyiapkan susu, cuci tangan Anda dengan sabun serta air hangat, lalu lap sampai kering dengan handuk/tisu bersih. Tangan Anda dapat menjadi sumber kontaminasi  yang berbahaya.
  4. Periksa kondisi kaleng susu. Bila tidak terjadi letupan kecil saat kaleng susu dibuka, mungkin ada kebocoran. Jangan berikan kepada bayi susu formula yang kemasannya telah rusak.
  5. Siapkan susu formula secukupnya
  6. Setelah anda memberikan susu dalam botol kepada bayi dan tidak habis, jangan berikan lagi sisanya di waktu lain. Buang sisa susu yang tidak habis diminum bayi. Susu tersebut mungkin telah terkena bakteri dari liur dan mulut bayi.
  7. Simpan botol steril anda di tempat yang bersih dan hindari dari penyimpanan yang sama dengan penyimapanan popok atau baju kotor.

Berikut kode kode pada botol susu :

1. PET/PET atau Polyethylene Terephthalate

Bahan ini dipakai untuk botol plastik transparan seperti kemasan untuk air mieneral. Botol ini aman digunakan untuk sekali pakai dan jangan memasukkan air panas atau hangat.

2. HDPE atau High Density Polyethylene

Bahan ini biasa dipakai untuk botol susu berwarna putih susu. Seperti halnya dengan PET bahan ini hanya di peruntukkan dan di rekomendasikan untuk sekali pemakaian saja.

  • PVC atau Polyvinyl ChlorideBahan plastik ini sangat sulit didaur ulang dan biasanya digunakan juga untuk botol dan pembungkus plastik (cling wrap). PVC berbahaya untuk ginjal dan hati.
  • LDPE atau Low Density PolyethyleneKelebihan bahan ini adalah sangat baik untuk tempat makanan atau botol air yang lentur, serta bahannya juga bisa di daur ulang.
  • PP atau PolypropyleneBahan ini adalah paling aman jika Anda membeli barang berbahan plastik seperti untuk botol bayi atau tempat makanan.
  • PS atau PolystyreneBahan ini sangat tidak di anjurkan karena bahan styrene berbahaya untuk otak dan sistem saraf. Di beberapa negara bahkan melarang penggunaan bahan ini untuk produk. Contoh yang terbanyak yang memakai bahan ini biasa di pakai untuk tempat minuman sekali pakai atau kotak makan styrofoam.
  • Lainnya

    Jika simbolnya tertulis others itu artinya bahan plastiknya bisa berasal dari Acrylonitrile Butadiene Styrene Acrylic, Polycarbonate, Polylactic Acid, Nylon atau Fiberglass. Sebaiknya hindari yang tertulis Polycarbonate karena mengandung BPA.

About admin

Check Also

Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan

Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan masa yang seperti anda tau banyak sekali perjuangan dimana masa ini membuat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *