Thursday , August 24 2017
Home / Gaya Hidup / Tips Menaikkan Berat Badan
Tips Menaikkan Berat Badan
Tips Menaikkan Berat Badan

Tips Menaikkan Berat Badan

Tips Menaikkan Berat Badan
Tips Menaikkan Berat Badan

Sebagian besar orang melakukan diet untuk mendapatkan tubuh ideal, namun 10 % orang di dunia justru ingin menambah berat badannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa segalanya tidak ada yang instan. Maka sebelum anda mencoba tips-tips dibawah ini buatlah komitmen dengan diri anda sendiri untuk menjalani tips-tips ini dengan teratur.

Jika anda sudah membulatkan tekad anda, maka anda bisa mencoba tips-tips menaikkan berat badan berikut :

1. Tetapkan target

Tips menaikkan berat badan pertama  adalah menentukan berapa berat badan yang anda inginkan. Pastikan berat badan yang anda inginkan masih berada dalam batas normal agar tidak mengarah pada obesitas.

2. Gunakan angka 70-20-10

Menaikkan berat badan juga ada hitung-hitungannya lho. Angka 70-20-10 merupakan angka jitu untuk menaikkan berat badan. Angka ini mewakili jenis makanan yang harus anda konsumsi, dimana angka ini  berarti 70% makanan yang mengandung protein tanpa lemak (telur, ikan, sayuran hijau, susu, suplemen protein,dll) , 20% makanan yang mengandung karbohidrat (nasi, jagung, gandum, sereal dll) dan 10% atau kurang makanan yang mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh), seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dll. Untuk menaikkan berat badan, pastikan makanan yang mengandung kalori (nasi, jagung,gandum,dll) masuk dalam tubuh lebih besar jumlahnya dari pada kalori yang and keluarkan untuk kegiatan sehari-hari.

3. Gunakan pola makan sehat

Menaikkan berat badan bukan berarti anda harus makan setiap saat.Anda juga harus mengikuti pola makan sehat dan menghindari makanan-makanan  yang mengandung lemak jenuh. Makanan yang mengandung lemak jenuh antara lain : susu full cream, daging, mentega, gorengan, daging merah, daging olahan (sosis, bolognaise, daging burger) dll.

4. Mengonsumsi buah-buahan

Tips menaikkan berat badan yang berikutnya adalah mengonsumsi buah-buahan segar. Jika orang yang berdiet disarankan mengonsumsi satu jenis buah saja, maka anda yang ingin menaikkan berat badan sebaiknya mengonsumsi bermacam-macam buah (sebaiknya alpukat atau pisang), agar tubuh semakin berisi dan sehat.

5. Hindari minum sebelum makan

Minum sebelum makan akan membuat perut cepat kenyang, walaupun hanya makan sedikit. Akan lebih baik jika anda makan terlebih dahulu dan minum setelah selesai makan.

6. Berhenti Merokok

Bagi anda yang perokok aktif dan ingin menaikkan berat badan, sebaiknya anda berhenti. Karena rokok mengandung zat-zat yang dapat mengurangi selera makan. Perhatikan perokok-perokok aktif di sekitar anda, rata-rata mereka mempunyai tubuh yang langsing bahkan cenderung ke arah kurus. Hal ini disebabkan oleh zat kimia yang ada dalam rokok. Oleh karena itu, jika anda ingin menaikkan berat badan, berhentilah merokok.

7. Berolahraga

Berolahraga bukan saja kegiatan yang harus dilakukan oleh orang yang melakukan diet. Bahkan para dokter juga berpendapat bahwa olahraga yang teratur dapat menaikkan berat badan.Cobalah fitness atau body shapping untuk mengubah kalori menjadi otot. Jadi selain membentuk otot anda juga akan sehat.

8. Menambah porsi makan

Tambahlah porsi makan anda pelan-pelan, jangan langsung seember karena tubuh anda perlu mengalami penyesuaian. Tips ini merupakan tips paling ampuh untuk menaikkan berat badan.

9. Makan 6 kali sehari

Coba anda makan minimal 5 kali sehari, pagi jam 9, siang jam 11 dan 2, sorenya makan lagi jam 5, malamnya makan jam 7. Jika anda masih mampu, makan lagi sekitar jam 10. Perlu diingat bahwa makanan yang dikonsumsi haruslah makanan yang sehat. Tips ini mampu membuat timbangan anda naik secara drastis.

10. Istirahat yang cukup

Pastikan tubuh anda berisitirahat selama 8 jam sehari, karena tips-tips diatas akan menjadi sia-sia apabila kekurangan istirahat.  Pastikan tubuh anda selalu dalam kondisi yang nyaman.

11. Suplemen tambahan

Tidak ada salahnya jika anda mengonsumsi suplemen tambahan seperti, peningkat nafsu makan (madu atau minyak ikan) dan vitamin yang dapat memelihara kesehatan tubuh anda.

Lakukan tips menaikkan berat badan diatas secara teratur dan baik. Disarankan anda melakukan tips-tips diatas selama beberapa bulan, makaanda akan melihat perubahan terhadap timbangan anda. Semoga tips menaikkan berat badan ini dapat membantu anda yang sedang membutuhkannya.

About admin

Check Also

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sering dihadapi banyak orang yang tanpa mereka sadari mereka telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *