Friday , October 20 2017
Home / Gaya Hidup / Pertolongan Pertama Keracunan Gas
Pertolongan Pertama Keracunan Gas
Pertolongan Pertama Keracunan Gas

Pertolongan Pertama Keracunan Gas

Pertolongan Pertama Keracunan Gas
Pertolongan Pertama Keracunan Gas

Banyak sekali hasil tambang yang dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, tanpa adanya hasil tambang tersebut, maka kesejahteraan manusia dapat terancam. Sebagai contoh kecilnya, minyak bumi.

Minyak bumi dikatakan sebagai minyak bumi karena minyak ini berasal dari bumi. Minyak ini kemudian diolah menjadi bensin yang kita gunakan sehari-hari sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman yang begitu cepat, manusia lebih mengandalkan teknologi dibandingkan dengan dirinya sendiri. Dapat kita lihat, begitu banyak jumlah mobil dan motor yang berada di jalanan.

Pada akhirnya, keadaan ini menimbulkan suatu pencemaran yang lazim kita sebut sebagai polusi udara. Oleh karena itu, tidak jarang kita lihat berbagai kasus radang pada pernafasan atau keracunan gas yang dialami oleh manusia.

Situasi alam yang bertambah buruk ini ditambah lagi dengan kurangnya kesadaran manusia terhadap lingkungan, pada akhirnya hanya mengarahkan pada kehancuran manusia itu sendiri. Mungkin bagi anda pencemaran udara bukanlah hal besar.

Namun jika dilihat dari sisi medis, sebenarnya lingkungan polutan seperti itu sangatlah buruk. Apalagi kita sehari-hari melakukan aktivitas di tengah lingkungan yang seperti itu. Mungkin anda tidak sadar dengan apa yang anda hirup, namun perlu anda ketahui bahwa apa yang anda hirup di dalam kondisi lingkungan yang seperti itu tentulah tidak baik.

Pada umumnya, hasil dari asap sisa pembakaran kendaraan bermotor dan asap pabrik akan menghasilkan sebuah gas yang biasa disebut sebagai gas karbon monoksida atau CO. Udara yang seperti ini mengandung partikel yang berbahaya, seperti debu dan asbes.

Apabila anda sering menghirup gas ini, maka lama kelamaan paru-paru di dalam tubuh anda akan rusak. Mungkin anda berpikir bahwa anda hanya perlu memakai masker untuk mencegah terjadinya hal ini.

Akan tetapi, faktanya gas ini tidak hanya masuk melalui saluran pernafasan saja. Tetapi gas ini juga bisa masuk melalui kulit atau bahkan melalui makanan. Nah, bagi anda yang suka jajan di jalanan, sebaiknya anda rubah kebiasaan anda ini.

Selain itu, keracunan gas CO ini memang berasal dari pencemaran udara. Tingginya kadar CO di dalam udara dapat menyebabkan keracunan yang cukup parah. Hal ini disebabkan karena hemoglobin dalam darah manusia akan lebih mengikat gas CO dibandingkan oksigen.

Konsentrasi gas Co yang tinggi di dalam tubuh manusia dapat menyebabkan kematian pada manusia. Selain dari gas sisa pembakaran kendaraan bermotor dan asap pabrik, anda juga perlu mewaspadai asap rokok. Asap rokok juga mengandung gas CO ini, oleh karena itu sebaiknya anda hindari perokok dan jangan merokok.

Untuk lebih jelas mengenai pertolongan pertama keracunan gas, simaklah yang berikut ini.

1. Pertolongan pertama

Adapun bentuk pertolongan pertama keracunan gas, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama-tama bawalah korban ke tempat yang aman dan tidurkan ia dalam posisi terlentang
  • Jika korban tersebut pingsan, posisikan kepala korban lebih rendah dari pada kakinya dan longgarkan bagian kerah atau dada korban.
  • Setelah itu beri minyak penghangat pada bagian dada, punggung, dan lehernya.
  • Apabila korban dalam keadaan mati suri, berikan nafas buatan agar korban kembali siuman.

2. Tahap memberikan nafas buatan

Dalam memberikan nafas buatan, ada 3 tahap yang harus anda lalui, diantaranya :

a. Tahap persiapan

  • Pada tahap ini, anda sebagai penolong harus membersihkan hidung, mulut, dan kerongkongan si korban.
  • Setelah itu, telengkupkan korban dan letakkan kedua tangannya di bawah dahi sebagai bantal, seperti posisi bersalaman.
  • Kemudian letakkan tangan anda di bawah punggung korban diatas tulang belikat kiri dan kanan si korban.
  • Setelah itu berlutut kira-kra 15 cm dari telinga korban.

b. Tahap pelaksanaan

  • Tekan kedua punggung korban dengan telapak tangan sambil menghitung 1-3 masing-masing 2 detik.
  • Setelah hitungan keempat lepaskan tekanan tersebut.
  • Tarik lengan korban ke arah perut anda sehingga korban dapat bernafas.

c. Tahap perawatan

Pada tahap ini biasanya korban sudah sadar. Jika belum, lakukan tahap-tahap diatas secara berulang-ulang sampai korban sadar. Inilah pertolongan pertama keracunan gas.

About admin

Check Also

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sering dihadapi banyak orang yang tanpa mereka sadari mereka telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *