Monday , December 18 2017
Home / Kesehatan / Penyebab Radang Amandel dan Cara Mencegahnya
Penyebab Radang Amandel dan Cara Mencegahnya
Penyebab Radang Amandel dan Cara Mencegahnya

Penyebab Radang Amandel dan Cara Mencegahnya

Penyebab Radang Amandel dan Cara Mencegahnya
Penyebab Radang Amandel dan Cara Mencegahnya

Penyakit memang sering mendera berbagai kalangan masyarakat dan orang orang apalagi jika sebagai manusia anda tidak menjaga kesehatan serta kebersihan.  Banyak penyakit yang kita dapatkan jika kita tidak tangggap terhadap kesehatan diri kita sendri. Ada sebuah penyakit yang terjadi pada beberapa kalangan berikut ini yaitu radang amandel. Maka mari kita tahu mengenai penyebab radang amandel dan cara mencegahnya agar anda lebih bisa waspada dan tau cara mencegahnya.

Sebelum kita mengetahui penyebab radang amandel dan cara mencegahnya kita harus tau amadel tersebut. Amandel atau tonsil adalah dua buah kelenjar getah bening yang berada di kedua sisi belakang tenggorokan  anda.  Amandel sendiri merupakan salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh yang mengandung beberapa sel – sel antibodi yang berfungsi untuk menjebak dan membunuh bakteri dan virus pathogen. Jika virus tersebut masuk atau sedang  dalam perjalanan memasuki tubuh anda.

Penyebab radang amandel dan cara mencegahnya pasti sangatt penting anda ketahui sebab penyakit ini banyak di hadapi oleh orang orang sekarang ini. Radang amandel juga sering di sebut dengan sebutan Tonsilitis dimana penyakit atau gejala ini terjadi akibat peradangan di bagian amandel sehingga amandel menjadi bengkak, merah, melunak dan memiliki bintik – bintik putih di bagian permukaannya. Pembengkakan ini terjadi di sebabkan oleh infeksi dari virus ataupun bakteri. Ada banyak virus yang dapat menyebabkan tonsillitis ini namun yang paling umum adalah virus Epstein – Barr dan virus Coxsackie. Maka jika sebuah amandel telah terjangkit virus maka kita pun akan mudah juga terkena virus dimana amandel bertugas untuk menjaga tubuh dari masuknya virus maka jika amandel anda sakit maka virus akan mudah memasuki tubuh kita.

Penyebab radang amandel dan cara mencegahnya memang berkaitan maka kita perlu tau penyebab radang amandel berikut :

Amandel yang karena fungsinya merupakan sebagai benteng perlawanan terhadap infeksi, maka ia merupakan hal yang paling rawan juga terkena infeksi. Namun, kenapa fungsi amandel tersebut menjadi tak efektif ? fungsi  amandel menurun sesuai dengan bertambahnya umur maka itulah radang ini terjadi di saat remaja dan dewasa.

Sebuah penyakit radang amandel apabila tanpa komplikasi maka biasanya  hanya akan berlangsung sekitar beberapa hari dan hilang sendiri tanpa pengobatan secara intensif namun jika Tonsilitis terjadi karena virus maka bisa berlangsung lebih lama hingga hitungan minggu.

Sebuah komplikasi dapat terjadi bila ada infeksi sekunder di telinga tengah atau sinus. Dimana bakteri streptokokus A bahkan dapat menyebar melalui tubuh dan menginfeksi organ – organ vital, khususnya jantung. Hal semacam ini bisa menimbulkan kerusakan permanen, yang dapat mengakibatkan penyakit jantung di masa depan. Kemungkinan komplikasi lain dari tonsilitis adalah terjadinya abses peritonsillar (quinsy). Kompikasi ini terjadi ketika sekelompok bakteri terdorong oleh pertumbuhan jaringan baru.

Ada baiknya anda untuk mengkonsultasikan penyakit ini dengan dokter jika  Anda mulai mengalami:

  • Sakit tenggorokan dimana sakit ini tidak akan hilang dalam beberapa hari
  • Anda akan mulai mengalami kesulitan menelan  sebuah maanan atau minuman
  • Anda mulai merasakan demam tinggi
  • Muntah – muntah
  • Mulai kelelahan atau lesu
  • Mengalami kesulitan bernafas
  • Mendengkur
  • Nafsu makan buruk
  • Bau mulut

Berikut pengobatan bagi anda yang mengalami radang tenggorokan, maka pada kebanyakan orang infeksi yang disebabkan oleh virus ini hanya perlu diobati dengan parasetamol untuk menurunkan demam yang terjadi. dan obat pereda nyeri juga mungkin berguna untuk mengurangi rasa sakit yang terasa. Dimana penyakit Tonsilitis karena disebabkan oleh bakteri maka mungkin perlu diobati dengan antibiotic misalnya menggunakan penisilin atau eritromisin. Jika anak Anda mendapatkan antibiotik, penting sekali untuk meminum obat sampai tuntas agar bakteri tersebut benar – benar musnah dan tidak menjadi resisten obat.

Langkah yang di anjurkan jika amandel tersebut terus berkemabnag dan tak kunjung sembuh atau malah sering berulang dan menuju kronis maka dengan melakukan bedah dimana di gunakan untuk mengangkat amandel (tonsilektomi).

Penyebab radang amandel dan cara mencegahnya  telah kita ketahui jagalah kebersihan serta bentuk pola makan sehat maka itu baik buat anda.

About admin

Check Also

Makanan Vitamin Otak

Makanan Vitamin Otak

Makanan merupakan kebutuhan paling esensial bagi manusia. Tanpa adanya makanan, maka manusia mungkin sudah punah. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *