Friday , October 20 2017
Home / Kesehatan / Penyakit Vertigo Gejala, dan Penanganannya
Penyakit Vertigo Gejala, dan Penanganannya
Penyakit Vertigo Gejala, dan Penanganannya

Penyakit Vertigo Gejala, dan Penanganannya

Penyakit Vertigo Gejala, dan Penanganannya
Penyakit Vertigo Gejala, dan Penanganannya

Penyakit tak jauh dari rasa sakit  dan hal – hal yang  membuat kita merasa tak enak. Namun tahukah anda sebagian besar penyakit dapat di obati secara cepat jika kita tahu gejala, penanganan serta pencegahannya. Maka mari kita bahas satu penyakit yang mulai terkenal saat ini yaitu penyakit vertigo.

Penyakit vertigo gejala dan penanganannya.

Penyakit vertigo yang mulai menjangkit  para orang orang yang mengalami kesibukan lebih dari normal ini terkenal sekali dimana jika seseorang mengalami kondisi merasa pusing yang tidak biasa namun serasa berputar dan lingkungan juga terasa berputar – putar, padahal tubuh seseorang tersebut tidaklah sedang bergerak (seperti terjadi gempa bumi) maka ini merupakan gejala atau bisa di indikasikan seseorang tersebut terkena penyakit vertigo. Penyakit ini bisa disebabkan oleh gangguan keseimbangan pada sentral atau perifer dan selain itu, penyakit ini dapat di sebabkan oleh kelainan pada telinga. Jika anda merasa gejala pusing yang tidak biasa ini mulai menyerang anda maka konsultasikan ke dokter dan dokter dapat mendiagnosisnya dengan dengan cara pemeriksaan ENG yakni Elektronistagmografi yang bisa menentukan apa anda terkena penyakit tersebut dan apakah penyebab vertigo yang anda derita tersebut.

Penyakit vertigo gejala dan penanganannya, sebelum mengetahui penanganannya maka perlu di ketahui gejala gejala penyakit ini agar anda data waspada serta dapat memberikan pengobatan secepatnya dimana gejala gejalanya adalah sebagai berikut ini :

  • Penderita akan merasa berputar – putar atau dia merasa benda – benda yang ada di sekitarnya seperti berputar – putar padahal ia tidak sedang bergerak.
  • Dapat juga di lihat dari gerak mata dimana jika ada gerakan mata yang abnormal maka itu merupakan petunjuk terdapatnya kelainan fungsi di telinga bagian dalam atau kelainan pada saraf yang menghubungkannya ke otak. Nistagmus merupakan gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah dimana cara ini dilakukan guna membantu penentuan diagnosa.
  • Keseimbangan akan menjadi gejala gejala penyakit ini menyerang anda dimana anda dapat melakukan pengujian keseimbangan, penderita vertigo bisa diinstruksikan untuk berdiri dan berjalan dalam garis lurus dengan awalnya mata terbuka kemudian dilanjutkan dengan cara mata tertutup.

Kita dapat mengatahui penyakit vertigo dengan melakukan tes yaitu :

  • Karena penyebab penyakit vertigo adalah adanya kelainan pada telinga maka anda dapat melakukan tes pendengaran yang bisa menentukan apakah ada kelainan pada telinga sehingga memengaruhi pendengaran dan keseimbangan.
  • Ada baiknya melakukan pemeriksaan MRI kepala dan CT scan yang bisa memberikan petunjuk kelainan tulang dan tumor yang bisa saja menekan saraf sehingga menyebabkan vertigo
  • Pengambilan cairan dari sinus, telinga atau tulang belakang dapat menentukan apakah karena ada infeksi yang menyebabkan vertigo atau tidak.
  • Pemeriksaan angiogram mendeteksi apakah ada sumbatan di pembuluh darah yang mengalir ke otak sehingga menyebabkan penurunan aliran darah ke otak yang menyebabkan vertigo.

Penyakit vertigo gejala dan penanganannya, setelah tau gejalanya maka perlu tau penanganan atau apa yang dapat di lakukan untuk mengobati penyakit ttersebut dimana pengobatan pada penyakit vertigo ini tergantung pada penyebab penyakit tersebut dimana :

Untuk penyakit vertigo yang di klasifikasikan ringan dengan pemberian obat pengurang vertigo seperti :

  1. Meklizin
  2. Perfenazin
  3. Dimenhidrinat
  4. Skopolamin

Dimana semua obat yang dianjurkan di atas bisa menyebabkan kantuk khususnya bagi penderita vertigo yang telah berusia lanjut.

Berikut beberapa cara mencegah penyakit vertigo yang dapat anda lakukan :

1. Posisi tidur

Posisi tidur akan menjadi factor seseorang bisa terjangkit penyakit vertigo buat lah posisi tidur anda yang baik anda dapat juga menggunakan posisi kepala agak tinggi dan dapat juga melakukan gerakan bangun tidur secara perlahan, jadi jangan melakukan gerakan mengejutkan sehabis tidur.

2. Perhatikan pergerakan leher

3. Menghindari makan berlebihan

Obesitas itu tidak baik sebab akan menyebabkan penimbunan berlebihan yang memicu penyakit termasuk penyakit vertigo.

  • Karena Vertigo bisa disebabkan oleh alergi maka karena itu hindari makanan yang menyebabkan Anda alergi.

About admin

Check Also

Makanan Vitamin Otak

Makanan Vitamin Otak

Makanan merupakan kebutuhan paling esensial bagi manusia. Tanpa adanya makanan, maka manusia mungkin sudah punah. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *