Monday , September 25 2017
Home / Gaya Hidup / Mengatur Menu Makanan Sehat
Mengatur Menu Makanan Sehat
Mengatur Menu Makanan Sehat

Mengatur Menu Makanan Sehat

Mengatur Menu Makanan Sehat
Mengatur Menu Makanan Sehat

Mungkin istilah menu makanan sehat tidak lagi menjadi sesuatu yang asing bagi anda. Istilah paling umum untuk mencerminkan menu makan sehat adalah 4 sehat 5 sempurna. Tapi, tahukah anda apa menu makanan sehat itu sesungguhnya? Tahukah anda cara mengatur menu makanan sehat ?

Semua orang yang ingin menerapkan pola hidup sehat, banyak yang mengalami kesulitan dalam mengatur menu makanan sehat ini.

Sebenarnya,  mengatur menu makanan sehat ini tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Prinsip utama dalam menerapkan menu makanan sehat ini adalah makan berbagai macam makanan. Makan berbagai macam makanan ini bukan berarti anda boleh makan apa saja dan dimana saja.

Maksud dari makan berbagai macam makanan ini adalah anda harus mengonsumsi makanan-makanan yang berbeda yang dapat memberikan kontribusi gizi bagi tubuh anda.

Jangan sekali-kali anda menghilangkan satu nutrisi penting dalam menu anda. Anda tidak boleh mengurangi atau mencoret karbohidrat dengan alasan diet atau takut gemuk.

Berikut ini ada beberapa cara dalam mengatur menu makanan sehat.

1. Mengatur jumlah makanan

Hal pertama yang perlu anda perhatikan dalam mengatur menu makanan sehat adalah mengatur jumlahnya. Sebaiknya, anda lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas.

Sebenarnya tidak ada pedoman baku mengenai berapa kali sebaiknya kita makan dalam sehari. Jadwal makan 3kali sehari yang sering anda dengar, merupakan kepentingan industri dan dunia bisnis agar karyawannya dapat beristirahat.

Logisnya, yang mengetahui kebutuhan makan ya tubuh kita sendiri. Ketika anda merasa lapar, maka anda akan makan. Jika dilihat dari segi kesehatan, lebih baik sering makan, tetapi sesuaikan dengan kebutuhan tubuh anda.

2. Mengatur kandungan dalam makanan

Sebaiknya anda memilih jenis makanan yang mengandung vitamin A, C, E, D, dan B. Tidak semua vitamin itu dapat kita peroleh dari makanan. Contohnya adalah vitamin D. Kita dapat dengan mudah dan gratis menemukan vitamin D dari cahaya matahari. Untuk vitamin A, anda dapat memperolehnya dengan mudah didalam buah-buahan yang berwarna orange. Makanan yang paling mudah ditemui adalah wortel. Wortel sendiri sudah di kenal masyarakat sebagai makanan yang mengandung vitamin A yang cukup banyak bagi kebutuhan kesehatan tubuh manusia. Untuk vitamin C, manusia dapat menemukannya dalam buah-buahan yang rasanya masam. Bahkan, cabai merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin B merupakan vitamin yang mudah rusak dan mudah larut apabila di taruh dalam air. Akan tetapi, vitamin B juga sangat di perlukan untuk metabolism tubuh manusia. Vitamin B sendiri sangat mudah di dapatkan dan di temukan dalam makanan seperti jeroan binatang, mulai dari hati, empedu dan bahkan usus binatang.

Menu makanan yang sehat juga harus mengandung mineral. Mineral membantu pertumbuhan gigi dan tulang. Tanpa mineral yang cukup, tubuh kita rentan terkena penyakit osteoporosis dan penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan kesehatan tulang. Mineral juga berpengaruh besar terhadap kontraksi otot, dan juga peredaran darah. Beberapa mineral penting yang kita butuhkan adalah kalsium, klorin, magnesium dan zat besi.  Mineral yang kita butuhkan dapat kita dapatkan dari susu ataupun juga buah-buahan ataupun juga makanan yang diolah dari susu.

Pastikan juga bahwa dalam menu makanan sehat anda terdapat unsur protein yang cukup. Protein mempunyai peranan penting dalam pembangunan tubuh anda. Protein sendiri bisa dengan mudah di jumpai dalam makanan seperti di telur, terutama bagian putih telur, daging, susu dan kacang-kacangan. Bagi anda khususnya para pria macho yang ingin memiliki tubuh berotot, makanan yang tinggi protein akan mempermudah anda mencapainya di samping dengan olah raga yang rutin dan terencana dengan baik.

Selain itu, tubuh kita juga membutuhkan lemak. Mungkin bagi kau wanita lemak adalah musuh utama. Sebenarnya kegunaan lemak bagi tubuh kita adalah untuk beradaptasi dalam kondisi dingin. Lemak juga di butuhkan tubuh untuk mendapat kalori yang tepat. Disamping itu, lemak juga merupakan makanan cadangan bagi tubuh. Lemak dapat dengan mudah di temui di kulit ayam, dan bagian-bagian binatang lainnya yang mengandung lemak cukup tinggi.

Dan yang terakhir adalah air. Sebagian besar tubuh manusia disusun oleh air, jadi jangan lupa untuk minum air paling tidak 8 gelas sehari.

Semua hal diatas adalah hal yang diperlukan dalam mengatur menu makanan sehat. Pastikan anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat

About admin

Check Also

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sering dihadapi banyak orang yang tanpa mereka sadari mereka telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *