Friday , October 20 2017
Home / Kecantikan / Selintas Mengenai Menopause yang Mendera Kaum Wanita
Selintas Mengenai Menopause yang Mendera Kaum Wanita
Selintas Mengenai Menopause yang Mendera Kaum Wanita

Selintas Mengenai Menopause yang Mendera Kaum Wanita

Selintas Mengenai Menopause yang Mendera Kaum Wanita
Selintas Mengenai Menopause yang Mendera Kaum Wanita

Kita mulai dengan membahas mengenai wanita, dimana wanita memiliki penampilan fisik dan fikiran serta perasaan yang berebada dengan pria tentu saja berbeda. Dan seperti yang anda tau pasti ada suatu fase dalam hidup kita dimana kita akan mengalami masa penuaan atau samaseperti berhenti berkerjanya suatu hal  dalam diri kita sama seperti yang mendera wanita yang sering disebut menopause. Mari kita mengetahui selintas mengenai menopause  yang mendera kaum wanita.

Anda pasti sering mendengar masa penuaan atau masa menopause sebenarnya menopause ini merupakan masa dimana haid terakhir pada wanita, yang juga sering diartikan sebagai berakhirnya fungsi reproduksi seorang wanita yang menggambarkan bahwa wanitta itu sudah mengalami penuaan. Maka tidak heran jika seorang wanita takut menghadapi masa atau saat saat menopausenya. Kehidupan menjelang dan setelah menopause inilah yang sering disebut sebagai masa senja atau masa klimakterium. Baiklah karena itu untuk mengetahui selintas mengenai menopause  yang mendera kaum wanita kita perlu tau masa Klimakterium pada menopause dimana klimakterium ini adalah masa peralihan dalam kehidupan normal seorang wanita sebelum mencapai senium, yang mulai dari akhir masa reproduktif dari kehidupan sampai masa non-reproduktif yangterjadi pada seorang wanita.  selintas mengenai menopause  yang mendera kaum wanita dimana menopause ini di alami pada seorang wanita yang memiliki umur antara 40 hingga 65 tahun. Namun jika terjadi masa masa menopause atau klimakterium pada umur kurang dari 40 tahun maka itu di sebut dengan klimakterium prekoks.

Dimana masa klimakterum terdiri atas :

  • Pramenopause
  • Menopause
  • Pascamenopause

Pramenopause

Pramenopause adalah masa 4 hingga 5 tahun sebelum menopause terjadi, keluhan yang terjadi sebelum masa ini sudah mulai timbul lalu jumlah hormon estrogen masih dibentuk. Bila kadar estrogen menurun maka akan terjadi perdarahan yang tak teratur pada seorang wanita.

Menopause

Selintas mengenai menopause  yang mendera kaum wanita dimana masa menopause ini masa adalah henti haid yang terakhir yang terjadi dalam masa klimakteriumpada saat ini masa dimana hormon estrogen tidak dibentuk lagi maka pada umumnya terjadi pada umur 45 hingga 55 tahun.

Pascamenopause

Masa ini terjadi saat 3 sampai 5 tahun setelah menopause, dijumpai hiper – gonadotropin (FSH dan LH), dan kadang – kadang hipertiroid.

Pada ke tiga masa ini baik itu pramenopause , menopause ataupun pascamenopause anda akan merasakan keluhan kaluhan akibat perubahan yang terjadi pada diri anda yangdi sebut dengan Sindrom klimakterik klinis.  Dimana pada Sindrom klimakterik klinis terdapat syndrome klimakterik endokrinologis dimana akan terjadi penurunan kadar estrogen, peningkatan kadar gonadotropin (FSH dan LH) karena hal ini maka sering juga disebut juga sebagai sindrom defisiensi estrogen.

Dimana keluhan tersebut dapat berupa :

Gangguan neurovegetatif (vasomotorik-hipersimpatikotoni)

Pada hal ini akan terjadi :

  • Gejolak panas (hot flushes)
  • Berkeringat khususnya malam hari
  • Rasa kedinginan
  • Akan sering sakit kepala
  • Di  telinga terdengar seperti suara desingan

Gangguan psikis

Selain secara fisik ternyata psikis juga terdapat hal hal yang terjadi yaitu :

  • Mudah tersinggung
  • Merasa depresi
  • Perasaan lekas lelah
  • Merasa kurang bersemangat
  • Insomania atau sulit tidur

Selintas mengenai menopause  yang mendera kaum wanita karena menopause merupakan peristiwa alamiah dan bukan diakibatkan oleh penyakit khusus seperti penyakit defisiensi hormone maka tidak memerlukan pengobatan tetapi hanya membutuhkan pengertian dari keluarga, lingkungan terutama diri anda sendiri. Namun banyak pula wanita yang menganggap proses ini sebagai kelainan yang memerlukan pengobatan tersendiri tetapi ada biknya mencoba menerima keadaan  agar kehidupan usia senja atau masa paska tua anda berlangsung dalam kebahagiaan  serta tak ada penyesalan atau mulai bersedih. Maka setiap wanita perlu mengadakan persiapan untuk menghadapi masa ini dimana salah satu persiapan yang penting adalah mengetahui organ tubuh kita sendiri dan fungsinya, serta mengenal bagaimanakah sebenarnya kejadian yang terjadi pada masa menopause ini.

About admin

Check Also

Tips Menaikkan Berat Badan

Tips Menaikkan Berat Badan

Sebagian besar orang melakukan diet untuk mendapatkan tubuh ideal, namun 10 % orang di dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *