Friday , October 20 2017
Home / Kesehatan / Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Buah yang satu ini merupakan buah yang paling populer di seluruh belahan dunia. Semua orang pasti mengenal buah ini. Selain itu, untuk memperoleh buah ini juga tidak susah, karena buah ini bukan buah musiman alias ada setiap saat.

Buah yang sudah akrab di telinga kita ini, mempunyai rasa yang manis asem yang sangat menyegarkan. Kepopuleran jeruk juga dimanfaatkan oleh banyak pengusaha, khususnya bisnis makanan dan minuman. Dari restoran elit berbintang lima hingga rumah makan di pinggir jalan rata-rata akan menyediakan jus jeruk.

Bahkan, restoran siap saji yang identik dengan penyediaan soda, juga menyediakan menu ini, karena mereka tahu buah ini sangat digemari oleh banyak orang.

Mungkin sebagian besar dari anda tahu bahwa jeruk sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut, terutama dari sariawan. Namun, terlepas dari hal itu, manfaat buah jeruk bagi kesehatan sangatlah banyak.

Penasaran kan ? Simaklah yang berikut ini.

1. Mengenal buah jeruk

Mungkin sebagian besar dari anda sudah kenal akrab dengan buah ini, namun sebaiknya anda tetap membaca bagian ini untuk menambah wawasan anda.

Jeruk atau limau termasuk ke dalam tumbuhan bermarga citrus (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang rasanya masam dan segar. Rasa asam dalam buah ini sebenarnya berasal dari kandungan asam sitrat.

Buah jeruk di sebut – sebut berasal dari Asia Tenggara dan Asia Timur, dan membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga membelok ke barat ke arah India bagian timur.

Sedangkan jeruk manis dan jeruk lemon berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk nipis, jeruk Bali, dan jeruk purut konon berasal dari Asia tenggara.

Inilah deskripsi singkat mengenai asal muasal buah jeruk dan ciri khas buah jeruk.

2. Manfaat buah jeruk

Banyak sekali manfaat buah jeruk bagi kesehatan, diantaranya ;

  • Jeruk merupakan sumber vitamin C. mungkin fakta yang satu ini sudah menjadi rahasia umum. Satu buah jeruk mengandung 116,2 persen dari nilai harian untuk asupan vitamin C.
  • Vitamin C dalam jeruk mampu menurunkan resiko kanker usus besar, karena komponen di dalamnya mampu membersihkan tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada DNA.
  • Selain itu, vitamin C juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit, seperti influenza dan demam.
  • Kandungan antioksidan dalam jeruk juga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan. Satu buah jeruk sehari dapat membantu anda mempertahankan keremajaan kulit meski usia sedah beranjak 50 tahun.
  • Kandungan vitamin B6 dalam buah ini dapat membantu produksi hemoglobin dan membantu menjaga tekanan darah tetap normal karena adanya magnesium. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada, senyawa yang ditemukan dalam kulit jeruk, memiliki potensi untuk menurunkan kolestrol¬† lebih efektif dan tanpa efek samping daripada beberapa resep obat lainnya.
  • Kandungan fosfor dan kalsium yang ada pada jeruk, sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi. Menjaga agar tulang terhindar dari osteoporosis atau tulang keropos.
  • Apabila diletakkan pada pakaian, kulit buah jeruk dapat mencegah ngengat atau tunggau. Aromanya pun bisa menetralisir udara kotor. Selain itu, apabila ditahan di mulut bisa mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap. Apabila digunakan sebagai campuran makanan dapat membantu proses pencernaan.
  • Perasan kulit buah jeruk dapat di gunakan sebagai pembalut luka. Selain itu juga ampas dari kulitnya merupakan obat gosok yang baik terhadap lepra.
  • Bila anda sedang diet, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini, karena kandungan seratnya yang tinggi yang baik untuk melancarkan proses pencernaan dan menghindari kegemukan.
  • Selain itu, bisa menurunkan resiko terkena sembelit, maupun penyakit kanker kolon.
  • Buah jeruk juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang dapat di jadikan pertahanan sebagai anti kanker.
  • Apabila biji dari buah jeruk manis di rendam dalam air hangat dan kemudian di minum bisa menetralisir bisa atau racun yang mematikan.

Banyak sekali bukan manfaat buah jeruk bagi kesehatan ? Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

About admin

Check Also

Makanan Vitamin Otak

Makanan Vitamin Otak

Makanan merupakan kebutuhan paling esensial bagi manusia. Tanpa adanya makanan, maka manusia mungkin sudah punah. …

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *