Friday , January 19 2018
Home / Kecantikan / Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Alami
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Alami
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Alami

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Alami

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Alami
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Alami

Siapa yang tak tahu jeruk nipis?. Buah jeruk yang segar dan terkenal dengan asamnya sungguh sangat bermanfaat bagi kesehatan. Karena kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Jeruk nipis sering digunakan dalam pengolahan makanan dan obat-obatan. Seperti untuk menghilangkan bau amis,  sariawan, batuk dan lain-lain.

Wanita tentu saja selau ingin terlihat cantik dan sehat, salah satunya adalah mereka ingin cantik dengan menggunakan bahan-bahan alami dan sangat efisien serta murah. Jeruk nipis merupak salah satu buah yang dapat digunakan dalam memelihara kesehatan dan kecantikan wanita.

Jeruk nipis atau dikenal dengan Citrus Aurantifolia adalah buah yang memiliki rasa asam dan agak pahit. Berdasarkan penelitian kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis melebihi kandungan vitamin C jenis jeruk lainnya.

Kandungan Jeruk Nipis

Menurut para peneliti jeruk nipis mengandung minyak terbang linalool dan limonene, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya juga di percaya mampu dalam mencegah kekambuhan pada seorang pasien pasca operasi batu ginjal.

Tentunya denga mengetahui kandungannya di atas Anda ingin tahu apa khasiatnya bagi kecantikan kita. Berikut ini adalah beberapa khasiat dari jeruk nipis:

Khasiat Jeruk Nipis  untuk  Rambut

Bagi anda yang memiliki rambut berminyak pasti sangatlah terganggu, karena cepat kotor dan lengket. begitu juga dengan ketombe, sungguh sangat gatal dan mengganggu tentunya. Selain untuk menghilangkan minyak ketombe, jeruk nipis juga dapat menyuburkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut sehat, indah dan berkilau.

Berikut caranya adalah :

  • Cucilah rambut dengan air hangat yang telah dicampur perasan air jeruk nipis. Hasil dari tips kali ini selain tak membuat rambut cepat kotor, rambut juga akan menjadi lebih lembut dan halus berkilau alami.
  • Untuk menghilangkan ketombe gunakan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala. Biarkan kering selama 20 sampai 30 menit, lalu keramas. Lakukan dua sampai tiga kali sehari.
  • Untuk menyuburkan, mengkilaukan dan menghitamkan rambut caranya adalah  dengan memeras air jeruk nipis secukupnya, airnya diusapkan ke rambut kemudian dijemur dengan sinar matahari selama 1 jam baru Anda bilas dengan sampo sampai bersih maka rambut Anda akan terlihat berkilau dan kelihatan lebih sehat.
  • Untuk mencegah rambut rontok atau berketombe caranya dengan dua jeruk dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya dan lakukan 3 kali seminggu.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah

Manfaat yang lain dari jeruk nipis antara lain membuat kulit wajah pemakai nampak lebih halus, lebih putih secara alami, mempercantik kulit dan bermanfaat merperkecil pori – pori kulit wajah. Untuk memperoleh manfaat jeruk nipis bagi wajah Anda, resepnya adalah sediakan jeruk nipis yang masih segar, lalu belah menjadi dua bagian. Kemudian usapkan secara merata daging jeruk nipis ke kulit wajah, hidung, dan pipi yang memiliki pori-pori besar. Usapkan  daging jeruk nipis tersebut ke bagian wajah yang kasar dan kusam.

Bagi Anda yang berjerawat Anda dapat menggunakan air perasan jeruk nipis dan madu sebagai masker. Air perasan jeruk nipis dapat mengurangi minyak pada wajah, sedangkan kandungan antiseptik yang terdapat pada madu dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kuku

  • Jeruk nipis bisa juga membuat kuku nampak lebih bersih dan cemerlang, caranya adalah menggunakan air perasan untuk membersihkan dan menggosok kuku Anda yang kusam.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Bau Badan

  • Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Lalu oleskanlah ke ketiak anda sesaat setelah mandi. Biarkan selama kurang lebih 5 menitan kemudian di bilas, lalukan tiap pagi dan sore.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Melangsingkan Tubuh

  • Jeruk nipis kaya akan vitamin C, potasium, dan asam folat. Rasanya yang asam, jeruk nipis sudah terbukti mampu membantu melarutkan lemak. Minum secara teratur perasan  jeruk nipis yang di campur dengan air putih sesudah makan agar lambung Anda tidak perih.

About admin

Check Also

Tips Menaikkan Berat Badan

Tips Menaikkan Berat Badan

Sebagian besar orang melakukan diet untuk mendapatkan tubuh ideal, namun 10 % orang di dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *