Thursday , August 24 2017
Home / Gaya Hidup / Kandungan Gizi Beras Merah dan Manfaatnya
Kandungan Gizi Beras Merah dan Manfaatnya
Kandungan Gizi Beras Merah dan Manfaatnya

Kandungan Gizi Beras Merah dan Manfaatnya

Kandungan Gizi Beras Merah dan Manfaatnya
Kandungan Gizi Beras Merah dan Manfaatnya

Beras merah merupakan produk beras organic yang telah digiling atau merupakan beras setengah digiling yang juga dikenal sebagai brown rice atau bisa dikatakan whole grain. Namun biasanya beras merah yang telah dimasak lebih cepat basi daripada beras putih. Tetapi kandungan gizi beras merah dan manfaatnya lebih tinggi daripada beras putih. Selain itu rasa dari beras merah lebih kenyal daripada beras putih dan rasanya seperti kacang. Kandungan gizi beras merah dan manfaatnya terletak di bagian lapisan terluar atau kulit ari atau sekam dari biji padi yang dikupas sehingga beberapa kandungan mineral dan vitamin tidak hilang semua pada saat proses penggilingan.

Beras merah dulu sangat jarang sekali dikonsumsi dan biasanya dikaitkan dengan kemiskinan. Hanya pada manula, yang sedang sakit, diabetes atau sembelit yang biasa mengkonsumsi beras merah. Namun beras merah harganya melambung tinggi dari beras putih karena factor produksi yang terbatas, penyimpanan dan transportasi yang masih sulit.

Sekarang telah banyak kita jumpai di berbagai makanan bayi yang terbuat dari beras merah. Tidak terpikirkah beras merah dapat dikonsumsi oleh orang dewasa. Walaupun banyak tersajikan beras putih di rumah maupun restoran dan juga rasa beras putih yang lebih enak. Padahal kandungan gizi beras merah dan manfaatnya jauh lebih banyak dari beras putih. Jadi selain beras merah kaya akan vitamin dan mineral, rasanya juga tak kalah enaknya dari beras putih.

Kandungan gizi beras merah

Kandungan gizi beras merah ini terletak pada lapisan kecoklatan di beras merahnya. Beras merah merupakan jenis beras yang mudah dicerna sehingga dapat dikonsumsi oleh semua golongan usia. Kandungan mineral dan vitamin dalam beras merah ternyata cukup memenuhi kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan tubuh kita termasuk pertumbuhan rambut, gigi, tulang, otot, kuku dan sebagainya. Dilihat dari kndungan gzi vitamin dan mineral beras merah sangatlah unggul. Kandungan vitamin dan mineral 2 sampai 3 kali lipat dari beras putih. Beras merah juga mengandung vitamin B1 yang diperlukan untuk mencegah penyakit beri-beri pada bayi. Zat besinya juga tingga yang dapat membantu bayi usia 6 bulan ke atas untuk mencukupi kebutuhan akan zat besinya dari ASI yang sudah tidak dapat mencukupi akan kebutuhan tubuhnya.

Manfaat beras merah dibandingkan beras putih

Setelah mengetahui segudang kandungan gizi dalam beras merah, sekarang saatnya mengetahui manfaat dari beras merah itu sendiri. Beras merah mengandung antioksidan dan fitonutrien yang dapat meningkatkan system imun tubuh sehingga mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol LDL karena lipsan terluar kulit ari dari beras merah tersebut karena kaya akan fiber dan asam lemak yang tinggi, mengurangi resiko stroke, kanker usus besar karena mengandung sumber selenium dan mineral yang mereduksi resiko kanker usus, menghambat aterosklerosis karena beras merah mengandung niasin yang berguna untuk meningkatkan nitrat oksida dalam darah yang berfungsi untuk mengatasi pembuluh darah serta mencegah plak aterosklerosis, dan berperan mengontrol tinggkat gula  darah dalam tubuh sehingga jua menjadi pilihan terbaik bagi penderita diabetes.

Selain itu, beras merah  juga dapat meringankan asma karena tinggi akan magnesium yang dapat mnegurangi tekanan darah, mengurangi sakit kepala karena jika tunuh kekurangan magnesium, kalsium dapat masuk ke dalam saraf dan membeuat ketegangan. Magnesium membantu pengaturan saraf dan otot dengan mencegah masuknya kalsium dan tetpa menjaga agar tetap rileks. Magnesium juga dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Kandungan fenolik yang merupakan zat entioksidan yang menghanbat radikal bebas pemicu kanker.

Sangat cocok bagi yang sedang menjalankan diet karena kandungan fibernya yang tinggi membuat tidak mudah lapar dan kenyang lebih lama. Kaya akan asam amino dan GABA. GABA dikenal dapat menigkatkan hormone pertumbuhan manusia karena itulah beras merah sangat cocok bagi binaragawan yang sangat membutuhkan protein asam amino untuk memenuhi pertumbuhan ototnya sebagai pengganti beras putih biasa.

Cara mengolah beras merah

Salah satu cara memesak beras merah yang diketahui adalah dengan teknik GABA atau GBR yang caranya beras merah direndam dalam air hangat (380C) selama 20jam sebelum dimasak seperti nasi putih biasa. Proses ini dapat mengaktifkan pengecambahan dan berbagai enzim dalam beras merah. Untuk mmbuatnya lebih harum dapat ditambahkan 2lembar daun pandan untutk menambah selera makan.

Setelah menyimak kandungan gizi beras merah dan manfaatnya sekarang tidak perlu ragu lagi untuk segera mengkonsumsi beras merah untuk kesehatan anda.

About admin

Check Also

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sering dihadapi banyak orang yang tanpa mereka sadari mereka telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *