Monday , December 11 2017
Home / Kesehatan / Makanan Untuk Vitamin Otak
Makanan Untuk Vitamin Otak
Makanan Untuk Vitamin Otak

Makanan Untuk Vitamin Otak

Makanan Untuk Vitamin Otak
Makanan Untuk Vitamin Otak

Setiap manusia, setiap harinya pasti akan melakukan aktivitas makan, baik dalam jumlah yang sedikit atau banyak. Hal ini karena makan adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk bertahan hidup. Makan termasuk kegiatan pokok manusia yang harus dipenuhi.

Mungkin kebanyakan dari kita masih berpikir bahwa makan hanya untuk mengenyangkan perut saja atau memberikan nutrisi pada tubuh untuk berkembang. Namun, tahukah anda bahwa makanan untuk vitamin otak juga penting ?

Dari pertanyaan tersebut mungkin anda berpikir apakah sama makanan yang kita makan sehari-hari dengan makanan untuk vitamin otak ? Jawabannya sangat sederhana, karena makanan sehari-hari yang kita konsumsi sebenarnya secara sadar atau tidak sadar, juga menjadi makanan untuk vitamin otak.

Jadi, untuk apa makanan untuk vitamin otak itu ? Sebagian dari kita mungkin sering berpikir, mengapa ada orang yang begitu pintar dan ada yang tidak ? Selain disebabkan oleh faktor genetic, sebenarnya kepintaran juga merupakan hasil dari makanan untuk vitamin otak.

Sebagai contoh sederhananya, coba anda perhatikan tingkat kepintaran yang dimiliki oleh orang Jepang. Mereka telah dicap sebagai bangsa yang pintar. Hal ini karena hampir semua resep masakan mereka mengandung unsur ikan di dalamnya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan merupakan salah satu makanan yang dapat menunjang kecerdasan seseorang. Oleh karena itu, jika anda berpikir bahwa makanan untuk vitamin otak tidak bisa meningkatkan kecerdasan, sebaiknya anda ubah pemikiran anda.

Sebagai organ tubuh yang terpenting dan pusat dari segala aktivitas, sudah sepantasnya kita memberikan makanan untuk vitamin otak. Jika kinerja otak terganggu, maka seluruh aktivitas tubuh juga tidak akan terlaksana dengan baik.

Oleh karena itu, simaklah makanan apa apa saja yang termasuk makanan untuk vitamin otak di dalam uraian yang akan disajikan berikut ini.

Salmon

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa ikan merupakan makanan penunjang kecerdasan yang paling ampuh. Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat banyak dan baik bagi otak. DHA dan EPA merupakan senyawa penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

Walaupun ikan tuna juga mengandung asam lemak omega 3, namun tidak sekaya yang ada di dalam ikan salmon.

Pisang

Buah kuning yang satu ini, merupakan salah satu buah yang cukup populer di seluruh dunia. Ternyata, selain dipercaya dapat menjaga kesehatan manusia, buah ini juga kaya akan kalium dan magnesium yang sangat penting untuk transmisi saraf.

Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B6 yang sangat diperlukan untuk memproduksi asam Gamma Amino Butirat atau neurotransmitter yang merupakan penghantar segala rangsangan yang diterima oleh tubuh ke otak.

Produk gandum

Sejak dulu, gandum sudah dikenal sebagai makanan yang mengandung karbohidrat dan baik dijadikan sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Produk gandum, misalnya roti gandum, oat meal dan lainnya biasanya disajikan sebagai sarapan.

Namun, studi juga menunjukkan bahwa produk gandumg mengandung glukosa yang sangat baik untuk mendukung kinerja otak agar dapat bekerja dengan optimal.

Berry

Hampir semua jenis berry, misalnya blueberry, blackberry, cherry dan lainnya merupakan makanan anti oksidan dan sumber dari vitamin C. Buah berry ini dikenal mampu meremajakan kembali sel-sel otak dan menghilangkan radikan bebas serta memperbaiki pembuluh darah untuk transportasi oksigen yang cukup.

Makanan laut

Selain ikan sebagaimana yang telah disebutkan tadi, makanan laut lainnya, seperti kepiting, tiram, udang dan lainnya, merupakan makanan yang kaya akan mangan, tembaga, seng, lithium, dan yodium yang dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh.

Namun, studi baru menunjukkan bahwa makanan laut juga mampu melawan kecemasan yang sering kita alami dan kelelahan mental. Makanan laut pada umumnya juga kaya akan vitamin B12, serta asam amino esensial lisin yang diperlukan untuk sintesis dopamine.

Minyak rapeseed

Minyak rapeseed merupakan makanan alternatif pengganti salmon, karena minyak ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang baik dan sangat penting untuk saraf otak.

Inilah sekilas mengenai makanan untuk vitamin otak. Semoga bermanfaat

About admin

Check Also

Makanan Vitamin Otak

Makanan Vitamin Otak

Makanan merupakan kebutuhan paling esensial bagi manusia. Tanpa adanya makanan, maka manusia mungkin sudah punah. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *