Monday , December 18 2017
Home / Gaya Hidup / Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Kesehatan yang Optimal
Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Kesehatan yang Optimal
Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Kesehatan yang Optimal

Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Kesehatan yang Optimal

Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Kesehatan yang Optimal
Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Kesehatan yang Optimal

Untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, banyak cara yang dapat anda lakukan. Salah satunya adalah dengan makanan sehat dan bergizi. Anda mungkin sudah sering mendengar makanan sehat dan bergizi untuk kesehatan optimal.

Tapi, apakah anda sudah tahu makanan apa-apa saja yang sehat dan bergizi itu ? Nah, jika anda belum tahu, simaklah artikel ini dengan baik.

Makanan sehat dan bergizi itu, adalah makanan yang mengandung :

a. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh anda. Akan tetapi, banyak dari anda yang mencoret makanan yang mengandung karbohidrat dari menu anda dengan alasan diet. Padahal, karbohidrat merupakan makanan sehat dan bergizi untuk kesehatan optimal anda. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat adalah nasi, gandum, jagung, dan sagu.

b. Protein

Protein sangat penting bagi tubuh kita. Protein berperan besar dalam membentuk sel dan jaringan tubuh. Jika anda ingin membentuk otot tubuh anda, protein merupakan zat utama yang anda perlukan. Protein juga dapat menggantikan karbohidrat dan lemak bila kedua unsur ini kurang. Makanan yang banyak mengandung protein adalah daging, ikan, telur, susu, tumbuhan berbiji, kacang polong, dan kentang.

c. Lemak

Lemak adalah musuh utama, terutama bagi wanita yang sedang menjalani program diet. Tapi, tahukah anda bahwa anda juga membutuhkan lemak. Lemak telah terbukti sebagai salah satu makanan sehat dan bergizi untuk kesehatan yang optimal. Tubuh kita sebenarnya juga bisa menghasilkan lemak, namun tidak cukup bagi kebutuhan tubuh kita.

Lemak dibagi menjadi dua jenis, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Dianjurkan kepada anda untuk mengonsumsi lemak tak jenuh, karena lemak tak jenuh baik bagi kesehatan.

Lemak tak jenuh biasanya terdapat dalam makanan yang berasal dari tumnuh-tumbuhan, seperti minyak sayur, minyak wijen, alpukat, dan jenis-jenis ikan tertentu.

d. Vitamin

Meskipun unsur ini hanya diperlukan sedikit oleh tubuh, tidak ada salahnya jika anda mengonsumsi makanan bervitamin. Diperlukan sedikit bukan berarti tidak sama sekali. Vitamin dapat membantu tubuh anda dalam mendukung zat-zat lain. Makanan yang banyak mengandung unsur vitamin adalah sayur-sayuran dan buah-buahan segar.

e. Mineral

Mineral merupakan unsur penting yang diperlukan oleh tubuh dalam memicu proses metabolisme. Selain itu, mineral juga dapat berguna untuk memelihara sel, jaringan, dan organ di dalam tubuh. Kekurangan mineral dalam tubuh dapat menyebabkan anda mengalami dehidrasi. Mineral dapat ditemui dalam air putih. Menurut para ahli, jumlah air putih yang diperlukan oleh tubuh dalam sehari adalah 8 gelas.

f. Non MSG dan sedikit garam

Makanan sehat dan bergizi itu adalah makanan yang tidak mengandung MSG dan mengandung sedikit garam. Makanan yang mengandung MSG memang lebih gurih dan lezat dibandingkan dengan makanan yang tidak mengandung MSG. Akan tetapi, makanan yang mengandung MSG ini merupakan salah satu pemicu penyakit-penyakit berbahaya dalam tubuh.

Garam merupakan salah satu bumbu masakkan yang paling populer digunakan oleh hampir setiap ibu di setiap belahan dunia. Tapi, sebuah studi menjelaskan bahwa mengonsumsi garam secara berlebihan juga dapat menimbulkan berbagai penyakit. Kelebihan kadar garam dalam tubuh dapat menyebabkan resiko tekanan darah tinggi, pengeroposan tulang dengan cepat, dan yang lebih fatal lagi yaitu dapat menyebabkan serangan jantung. Oleh karena itu, bagi anda terutama ibu yang sehari-harinya memasak untuk keluarga, perlu memperhatikan kadar garam yang digunakan pada saat memasak.

g. Hindari juga makanan yang terlalu pedas

Bagi anda yang suka makan makanan pedas, kurangilah kebiasaan anda ini. Makan makanan terlalu pedas bukanlah pola makan sehat dan bergizi. Makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Pada sebagian orang, makanan yang terlalu pedas akan menyebabkan sakit perut atau maag. Selain itu, makanan pedas juga akan membuat penampilan anda berantakan akibat produksi keringat yang berlebihan.

Mulai sekarang cobalah makanan sehat dan bergizi untuk kesehatan yang optimal. Perlu anda ingat bahwa kesehatan anda itu mahal dan tak ternilai. Oleh karena itu, biasakan pola makan sehat mulai dari sekarang. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

About admin

Check Also

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sering dihadapi banyak orang yang tanpa mereka sadari mereka telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *