Saturday , September 23 2017
Home / Gaya Hidup / Makanan yang Dapat Diserap Jantung
Makanan yang Dapat Diserap Jantung
Makanan yang Dapat Diserap Jantung

Makanan yang Dapat Diserap Jantung

Makanan yang Dapat Diserap Jantung
Makanan yang Dapat Diserap Jantung

Mungkin anda sudah sering mendengar istilah penyakit jantung ataupun serangan jantung. Perlu anda ketahui dengan jelas bahwa penyakit ini menyerang semua orang tanpa memandang kaya atau miskin, tua atau muda, laki-laki maupun perempuan. Penyakit ini sama seperti galau, yang dapat menyerang orang kapan saja dan dimana saja.

Pada umumnya, penderita penyakit berbahaya ini di sebabkan oleh kebiasaan merokok, tetapi setelah di lakukan penelitian, penyakit ini juga disebabkan oleh makanan. Oleh karena itu, perlu anda perhatikan apa-apa saja makanan yang dapat di serap oleh jantung itu.

Menurut fakta medis, makanan yang dapat di serap jantung adalah makanan yang bergizi dan sehat. Jangan sekali-kali anda sepekan makanan yang masuk kedalam tubuh anda. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, karena itu ada baiknya anda sisihkan waktu anda 5 menit saja untuk membaca artikel makanan yang dapat di serap jantung anda.

Seperti apa sih makanan yang dapat di serap jantung itu ? Simaklah yang berikut ini.

1. Anggur

Setelah di lakukan penelitian, Prancis adalah salah satu negara yang penduduknya sangat kecil sekali terkena serangan jantung, padahal tingkat kolestrol di negara tersebut 4x lipat di bandingkan negara kita.

Padahal, makanan prancis banyak mengandung susu, mentega, dan keju yang kita ketahui sebagai penyebab utama serangan jantung. Ternyata, masyarakat Prancis menjadikan anggur merah sebagai rahasia mereka untuk menangkal penyakit jantung ini.

Di Indonesia, mengonsumsi anggur yang di fermentasikan merupakan suatu perbuatan maksiat alias haram, mengingat bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Oleh karena itu, peredaran anggur merah di Indonesia sangatlah sulit.

Tapi tenang, anda tidak perlu khawatir karena banyak makanan lain yang dapat menggantikan anggur ini.

2. Omega 3

Anda dapat menjadikan omega 3 ini sebagai amunisi utama anda dalam menghadapi penyakit jantung, karena omega 3 merupakan makanan yang dapat diserap jantung. Manfaat lain dari senyawa dahsyat ini adalah dapat melangsingkan badan, meningkatkan kecerdasan, meredakan nyeri, melegakan pernafasan, dan mencegah depresi.

Makanan yang banyak mengandung omega 3, diantaranya ikan salmon, ikan tuna, oatmeal, kacang hijau, kacang merah, dan almond.

3. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan sahabat karib dari jantung. Serat yang terkandung dalam kedua jenis makanan ini mampu melancarkan peredaran makanan ke jantung dan membersihkan darah dari lemak jenuh.

Ada beberapa buah yang menjadi rekomendasi para dokter dalam memelihara kesehatan jantung, diantaranya : bayam, brokoli, wortel, ubi manis, asparagus, jeruk, tomat, semangka, dan pepaya. Sebaiknya, anda mengonsumsi buah-buahan diatas setiap hari, minimal satu jenis.

4. Green tea atau hot chocolate

Kedua minuman ini mampu membantu anda, terutama penderita hipertensi untuk menekan tekanan darah. Sangat dianjurkan bagi anda untuk minum secangkir teh atau coklat panas setiap harinya.

5. Kacang-kacangan

Ada berita baik bagi anda yang gemar ngemil kacang-kacangan, yaitu makanan ini dikategorikan sebagai salah satu makanan yang dapat diserap jantung. Produk ini, khususnya kacang kedelai dan produk-produk olahannya (tahu dan susu) kaya akan kalsium dan protein yang dapat membantu anda dalam memenuhi kandungan gizi.

Ada juga beberapa hal yang harus kita hindari untuk menjaga kesehatan jantung kita.

1. Minum es setelah makan

Mungkin banyak dari anda yang sering melakukan ritual ini. Sebaiknya anda ubah kebiasaan buruk itu, karena dapat berakibat fatal bagi jantung anda.

Es memang menyegarkan, akan tetapi es akan membekukan lemak didalam tubuh. Lemak itu akan terbentuk dalam usus kita dan mempersempit saluran pencernaan kita.

2. Minum teh atau kopi setelah makan

Seperti yang telah disebutkan tadi, teh memang baik bagi kesehatan jantung anda, akan tetapi anda juga perlu memperhatikan saat yang tepat dalam mengonsumsi kedua minuman ini.

Mungkin kebiasaan ini sudah sangat melekat pada anda, khususnya orang jawa. Sebaiknya, mari kita rubah kebiasaan ini, karena kabarnya ritual ini bisa menyebabkan anemia.

Sudahkah anda makan makanan yang dapat diserap jantung dengan benar dan rutin ? Jika belum cobalah tips diatas. Ingatlah bahwa kesehatan anda begitu penting, setiap detak jantung anda begitu berharga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

About admin

Check Also

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sering dihadapi banyak orang yang tanpa mereka sadari mereka telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *