Monday , December 11 2017
Home / Bayi / Makanan Bayi Umur 7 Bulan
Makanan Bayi Umur 7 Bulan
Makanan Bayi Umur 7 Bulan

Makanan Bayi Umur 7 Bulan

Makanan Bayi Umur 7 Bulan
Makanan Bayi Umur 7 Bulan

Usia 6 hingga 7 bulan merupakan masa dimana bayi mendapatkan makanan tambahan disamping ASI. Namun, tambahan makanan itu hanya sebatas buah-buahan dan sayur-sayuran saja, tambahan itu juga tidak untuk setiap jenis sayur-sayuran dan buah-buahan. Tambahan itu hanya berlaku untuk beberapa jenis makanan saja.

Sangat di anjurkan bagi anda untuk tidak memberikan makanan yang kaya akan pati, karena dapat mengganggu pencernaan bayi yang masih belum sempurna.

Berikut beberapa makanan bayi umur 7 bulan.

1. Pisang

Pisang adalah salah satu makanan super para atlit dan buah yang paling direkomendasikan oleh para pakar dan ahli gizi. Ternyata, buah yang satu ini juga sangat bagus untuk si kecil. Pisang mengandung mineral dan vitamin yang sangat baik untuk darah dan jantung.

Buah pisang merupakan buah yang sangat halus dan juga sangat mudah dicerna oleh si kecil. Memberi bayi buah pisang, membantu kemampuan tubuh untuk meyerap kalsium yang hadir dalam air susu yang diberikan kepada bayi. Sebuah studi telah menggambarkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu menambah supremasi otak dan kesadaran untuk anak-anak dalam praktik pendidikan. Unggul dalam kalium, namun rendah garam, pisang juga dapat mendukung tekanan darah lebih rendah dan moderat bahaya kematian karena stroke sebanyak 40%. Hal ini juga dapat memfasilitasi untuk mengatur detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengendalikan keseimbangan air tubuh.

2. Apel

Apel merupakan salah satu makanan bayi umur 7 bulan. Apel mengandung unsur karoten dan pectin yang sangat berguna untuk memperkuat pencernaan.

Maka dari itu buah apel sangat baik untuk di perkenalkan pada tahap awal makanan bayi. Cara membuatnya, apel direbus dengan jumlah air sesuai dengan jumlah buahnya. Kemudian dihaluskan, setelah itu baru dicampur dengan ASI atau susu formula.

3. Pepaya

Pepaya banyak mengandung vitamin dan mineral. Selain itu, kandungan vitamin A (yang baik untuk mata, kulit), B1, B2, vitamin C (memperkuat sistem kekebalan tubuh), vitamin E 9 baik untuk kulit bayi), asam folat, Niasin, Tiamin, kalium, kalsium, zat besi, zinc dan mineral lainnya yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu, di dalam buah pepaya ada serat dan kandungan enzim papain dan itu sangat bagus sekali untuk pencernaan bayi. Oleh karenanya, buah pepaya bisa di gunakan untuk membantu mengatasi masalah sembelit. Meskipun pepaya bagus untuk bayi, namun sebaiknya tidak di berikan sebagai buah pertama untuk bayi anda. Pepaya dapat di berikan ke bayi setelah bayi di perkenalkan dengan buah pertamanya yang lebih mudah di cerna, seperti pisang, alpukat. Waktu untuk memperkenal buah pepaya kebada bayi adalah mulai dari usia 7 bulan ke atas. Bagi bayi yang memiliki riwayat alergi, sebaiknya tidak diperkenalkan dulu dengan buah pepaya. Tunggu sampai usia bayi di atas 1 tahun baru coba mulai diperkenalkan.

Cara penyajian pepaya untuk bayi bisa dengan cara dihaluskan (di blender halus) atau dipotong kecil-kecil (untuk bayi yang sudah lebih besar: usia 10 atau 12 bulan ke atas). Ada juga opsi lain bagaimana cara penyajian yaitu bisa juga dengan cara di kukus sebentar saja selama 5 sampai 10 menit. Hal ini banyak di lakukan orang tua untuk bayi yang agak sensitif pencernaannya, agar getahnya hilang dan pepaya lebih mudah dicerna.

4. Pear

Buah Pir merupakan salah satu buah yang bagus untuk bayi. Buah ini memiliki rasa yang sangat manis dengan kandungan gula fruktosa dan glukosa. Selain itu, buah pir juga memiliki banyak kandungan vitamin A, B, C, Niasin, folat, kalium, kalsium dan masih banyak lainnya. Buah pir rendah kandungan sodium serta tidak mengandung lemak jahat.

Buah pir bisa bermanfaat juga dalam mengatasi penyakit sembelit pada bayi. Anda dapat mulai memberikan buah pir untuk bayi mulai usia 6 bulan ke atas. Buah pear bisa anda berikan dalam bentuk Puree buah (dengan cara di rebus lalu di blender/ pakai saringan kawat) atau bisa juga di berikan dalam bentuk jus buah.

5. Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk bayi. Tekstur buah yang lembut dan rasanya yang enak bisa dijadikan pilihan yang pas sebagai makanan bayi umur 7 bulan.  Buah ini kaya akan nutrisi. Selain kaya akan asam Folat, Alpukat juga kaya akan Vitamin A yang bagus untuk mata, Vitamin E, niasin, vitamin B, zat besi, serat, kalium, fosfor, magnesium dan mineral lainnya yang diperlukan tubuh.

Demikian tips makanan bayi umur 7 bulan yang dapat anda coba. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

About admin

Check Also

Pentingnya Air Susu Ibu Untuk Bayi

Pentingnya Air Susu Ibu Untuk Bayi

Air susu ibu atau ASI merupakan makanan pokok bagi bayi, terutama yang baru lahir. Namun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *