Monday , December 18 2017
Home / Gaya Hidup / Khasiat Gandum Mengenyangkan Sekaligus Menyehatkan
Khasiat Gandum Mengenyangkan Sekaligus Menyehatkan
Khasiat Gandum Mengenyangkan Sekaligus Menyehatkan

Khasiat Gandum Mengenyangkan Sekaligus Menyehatkan

Khasiat Gandum Mengenyangkan Sekaligus Menyehatkan
Khasiat Gandum Mengenyangkan Sekaligus Menyehatkan

Gandum mungkin sudah seringkali kita jumpai di berbagai makanan dan mungkin menjadi salah satu bahan makanan yang cukup penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita untuk beraktivitas. Kalau saja kita ketahui lebih lanjut, sebenarnya khasiat dari gandum itu sangatlah banyak. Gandum memiliki khasiat yang tinggi, apalagi gandum yang masih utuh. Apabila gandum tersebut sudah diolah, maka khasiat gandum itu sendiri tidak akan lagi sebanyak waktu masih utuh. Coba saja kita ambil contoh roti, roti sebagian besar terbuat dari gandum. Dengan mengonsumsi roti, perut kita akan terasa kenyang dan enak beraktivitas. Khasiat gandum memang mengenyangkan sekaligus menyehatkan. Mengapa demikian ? Di samping mengenyangkan perut kita, gandum tidak memiliki kadar lemak yang dapat menyebabkan kita terkena kolesterol.

Pengolahan Gandum Menurunkan Khasiatnya

Apabila gandum telah diolah menjadi tepung, maka sebagian dari khasiat aslinya akan mulai berkurang. Bagian yang terbuang itu sebenarnya memiliki zat gizi yang juga penting bagi tubuh kita. Pada saat gandum diolah menjadi tepung, bagian yang tetap tersisa dan tidak dibuang adalah bagian lembaga atau endosperma nya. Di lembaga tersebut, mengandung karbohidrat, thiamin atau vitamin B1, protein, dan vitamin E. Banyak benar kan khasiat yang dimiliki oleh biji gandum itu ?

Sementara itu, bagian yang telah terbuang pada saat pengolahan adalah bagian germ ( embrio ) yang berisikan nutrisi untuk biji, bran ( dedak ) yang berfungsi sebagai kulit pelindung luar dan aleurone atau lapisan sel adjacent pada lembaga. Di dalam bagian yang terbuang tersebut, sebenarnya mengandung cukup banyak gizi juga.

Menurut Nilani Sritharan, seorang Regional Nutrition Manager Cereal Partners Worldwide, ia mengemukakan bahwa germ yang hanya merupakan 3% bagian dari biji tersebut sangatlah banyak mengandung vitamin E, vitamin B, mineral serta elemen Trace. Tidak hanya itu saja, berbagai enzim dan flavonoid juga terkandung di dalamnya. Bran cukup banyak mengandung serat, vitamin B, mineral dan elemen trace serta fitokimia, sementara itu Aleurone yang terbuang sangat banyak mengandung protein, enzim, fitokimia dan juga serat.

Manfaat Dari Gandum

Gandum yang dari tadi kita bahas memiliki khasiat yang tinggi, mengenyangkan serta menyehatkan telah terbukti berdasarkan penilitian yang disampaikan oleh Nilani. Salah satu penyakit yang dapat diobati dengan mengonsumsi gandum utuh adalah stroke. Risiko stroke yang dapat menyerang seseorang pada usia yang menuju kedewasaan dapat berkurang hampir 25%. Ini menjadi solusi terbaik bagi kita semua lebih baik mencegah sejak dini dari pada bingung dalam mencari obat – obatan yang berbahan kimia untuk mengobati penyakit stroke, alangkah baiknya kita cegah dengan mengonsumsi gandum terlebih dahulu.

Berdasarkan penilitian yang dilakukan oleh sebagian besar kaum kedokteran terhadap populasi masyarakat yang berada di Inggris, Amerika, Swedia, Norwegia serta Iran, orang orang yang rutin mengonsumsi gandum untuk setiap harinya akan terhindar dari kegemukan. Anda tidak perlu bertanya tanya, bukankah orang yang gemuk adalah orang yang selalu kenyang dan terhindar dari rasa lapar ? Sebenarnya tidak, orang gemuk adalah orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kadar lemak, malahan, orang yang kelebihan berat badan atau gemuk lebih rentan terserang penyakit ketimbang orang yang memiliki berat badan ideal. Dari artikel yang kami ulas ini mungkin anda sudahsedikit tahu dan mengertikan akan khasiat gandum yang menyenangkan dan menyehatkan buat tubuh? Kita hanya perlu mengonsumsi makanan yang mengandung gandum dalam jumlah yang cukup setiap harinya, maka kita akan terhindar dari rasa lapar. Selain itu kita juga bisa terhindar dari masalah yang namanya kegemukan.

Siapa sih yang gak mau memiliki berat badan ideal serta sehat di setiap saat ? Tentu semua orang menginginkan itu. Maka dari itu, mulai sekarang hindarilah makanan yang memiliki lemak dan kolesterol tinggi. Makanan seperti lemak dan kolesterol tidaklah sehat bagi tubuh. Gandum yang simpel, yang dapat kita jumpai dalam bentuk sereal memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh kita. Apabila proses pencernaan kita lancar, maka percayalah, penyakit pun akan sulit untuk datang kepada kita. Biasakan hidup sehat agar kelak anda tidak menderita.

About admin

Check Also

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sering dihadapi banyak orang yang tanpa mereka sadari mereka telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *