Friday , October 20 2017
Home / Kehamilan / Keputihan Saat Hamil Muda dan Cara Mengatasinya
Keputihan Saat Hamil Muda dan Cara Mengatasinya
Keputihan Saat Hamil Muda dan Cara Mengatasinya

Keputihan Saat Hamil Muda dan Cara Mengatasinya

Keputihan Saat Hamil Muda dan Cara Mengatasinya
Keputihan Saat Hamil Muda dan Cara Mengatasinya

Para wanita yang sedang  mengalami masa kehamilan pasti akan mencari cara mejaga kehamiilan mereka dari gangguan yang tidak membuat  perasaan menjadi nyaman. Gangguan yang seriing terjadi adalah keputihan. pada dasarnya penyakit keputihan membuat seorang wanita  menjadi  tidak nyaman dalam melakukan berbagai  kegiataan dan itu sangat mengganggu. Ketidak nyamanan itu membuat segala kegiatan yang dilakukan tidak akan memperoleh hasil yang maksimal dan itu akan membatasi gerak seorang wanita apalagi seorang wanita yang tengah  hamil muda. Seorang wanita yang tengah hamil muda akan menjalani masa kehamilannya dengan penuh kehati hatian dan mereka memerlukan bimbingan  dari wanita yang telah berpengalaman.  Bagi seseorang yang mengalami keputihan pada saat hamilmuda, mereka harus tahu cara mengatasinya. Keputihan saat hamil muda dan  cara mengatasinya itulah yang dibutuhkan seseorang yang tengah dalam masa hamil muda. Masa dimana kehati hatian dalam menjaga kandungan sangat dibutuhkan.keputihan akan membuat kekhawatiran pada masa itu  oleh karena itu ketahuilah tentang keputihan saat hamil muda dan cara mengatasinya.

Keputihan saat hamil muda dan cara mengatasinya dapat kita ketahui jika kita dapat mengetahui apa yang menyebab kan keputihan tersebut terjadi, sebenarnya keputihan pada saat hamil disebabkan karena adanya perubahan dari bentuk tubuh dan perubahan pada hormon yang menyebabkan keseimbangan Ph vagina pada ibu hamil akan berubah.  Dipicu oleh perubahan hormon itulah yang menyebabkan terjadinya masalah keputihan pada ibu hamil. Jika seorang ibu hamil melahirkan anak perempuan,  pada masa waktu 1  hingga 10 hari anak tersebut akan mengeluarkan cairan pada vaginanya diakibatkan oleh hasil pengaruh dari uri atau plasenta.

Bagi para wanita yang sangat memperhatikan kesehatannya harap segera lah  mengobati keputihan secepatnya dikarenakan apabila pengobatan keputihan tidak dilakukan secepatnya maka keputihan yang telah di simpan bertahun tahun membuat cairan tersebut mengalir ke ronga rahim, kemudian mulai menjalari daerah indung telur dan mengalir lagi ke rongga panggul sehingga membuat seseorang menjadi mandul dan dapat berakibat kematian pula bagi seorang wanita. Keputihan dapat terjadi jika ada reaksi asam yang berlebihan pada lambung kita yang membuat cairan tersebut keluar dari daerah kewanitaan kita. Dan dapat juga di sebabkan oleh bakteri, virus, jamur ataupun parasit  yang tumbuh atau hidup disekitar vagina  kita yang kurang dijaga.

Keputihan pada saat hamil muda dapat menyebabkan dampak buruk bagi ibu hamil serta anak yang  ada dalam kandungan salah satunya adalah sebagai berikut :

  • Terjadinya persalinan prematur pada ibu dan bayi
  • Air ketuban dapat pecah sebelum waktunya
  • Dampak pada bayi adalah terjadi penurunan berat bayi sehingga berat bayi tersebut menjadi rendah

Ada 3 jenis keputihan yang bisa saja terjadi pada  wanita hamil  adalah sebagai berikut :

  • Kandidosis vulvovaginal
    Terjadi dikarenakan  pertumbuhan sel sel jamur yang berlebihan diakibatkan karena kehamilan.
  • Vaginosis bakterialis
    Terjadi karena hilangnya jumlah laktobasili yang normal  serta munculnya microorganisme lain dalam  konsentrasi tinggi. Keadaan seperti ini akan menyebabkan keluarnya cairan kental  dan berbau tajam.
  • Trikomoniasis
    Dikarenakan oleh protozoa yang mempunyai flagel  yang terdapat biasanya  oada saluran kemih atau disebut uretra, biasanya sel ini berpinda ketika anda sedang berhubungan seksual. Gejala yang ditimbulkan adalah iritasi pada daerah genital, terasa panas, gatal, nyeri di daerah vulva dan paha, parineum kulit antara vagina dan anus.  Dapat juga terjadi nyeri  saat berhubungan intim. Timbulnya bercak darah setelah bersenggama dengan adanya kontak lansung terhadap dinding rahim yang tengah mengalami radang. Keluarnya cairan putih yang berbuih dari dalam vagina yang berbau busuk serta berwarna kuning kotor.

Keputihan saat hamil  muda dan caramengatasinya dapat dilakukan dengan cara :

  • Periksakan diri anda kepada dokter yang mengerti hal ini
  • Lebih baik jika melakukan pemeriksaan dengan pasangan anda (dalam halini suami anda)
  • Resistensikan obat anda pada obat lain jika tidak sembuh juga maka  lakukan pengobatan intensif
  • Lakukan pap smear pada wanita yang telah  menikah
  • Jika anda terjangkit virus maka lanjutkan pemeriksaan mulut rahim serta tes urine dan tes darah

Keputihan saat hamil muda dan cara mengatasinya telah di muat. Maka tetap jaga kesehatan vagina anda agar anda terbebas dari penyakit keputihan dan kandungan anda pun aman.

About admin

Check Also

Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan

Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan masa yang seperti anda tau banyak sekali perjuangan dimana masa ini membuat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *