Monday , December 18 2017
Home / Kesehatan / Kandungan Gizi yang Terdapat di Kacang Merah
Kandungan Gizi yang Terdapat di Kacang Merah
Kandungan Gizi yang Terdapat di Kacang Merah

Kandungan Gizi yang Terdapat di Kacang Merah

Kandungan Gizi yang Terdapat di Kacang Merah
Kandungan Gizi yang Terdapat di Kacang Merah

Kacang merah, anda pasti sering memakan kacang merah atau malah anda belum pernah ? kacang merah ini sering di campurkan pada minuman ataupun makanan seperti es campur dan kue pao. Dimana rasanya tergolong enak dan ternyata kacang merah memiliki manfaat bagi diri anda serta kesehatan anda sebab kandungan gizi yang terdapat di kacang merah sangat banyak.

Sebelum mengetahui mengenai kandungan gizi yang terdapat di kacang merah perlu kita ketahui apakah jenis tumbuhan kacang merah ini. Kacang merah sendiri masih tergolong makanan nabati dalam kelompok kacang polong atau ( legume ) dan ia merupakan satu keluarga dengan kacang kedelai, kacang hijau, kacang uci dan kacang tolo.

Ada beberapa jenis kacang merah diantaranya adalah :

  1. Red bean
  2. Kacang adzuki (kacang merah kecil)
  3. Kidney bean (kacang merah besar)

Semua  jenis kacang merah memiliki kandungan gizi yang terdapat di kacang merah yang banyak. Sebab Kacang merah kaya akan zat zat berikut ini :

  • Asam folat
  • Kalsium
  • Karbohidrat kompleks
  • Serat
  • Protein

Dan banyak lagi kandungan gizi yang terdapat di kacang merah yang sangat bermanfaat bagi manusia. Maka dengan melihat berbagai kandungan nutrisi yang ada pada kacang merah di atas, maka dapat di uraikan berbagai manfaat kacang merah tersebut yaitu :

  • Ia dapat mencegah kolesterol jahat (LDL) dan memperlancar pencernaan (anti sembelit).
    Ini di karenakan kandungan gizi yang terdapat di kacang merah terdiri atas kandungan fibernya yang tinggi sehingga fiber tersebut difermentasi dalam usus besar dan menghasilkan asam – asam lemak rantai – pendek, yang dapat menghambat sintesis kolesterol hati. Belum lagi kandungan Omega-3 dan Omega-6 juga akan sangat membantu bagi anda. Karena kacang merah memiiki serat maka ia dapat memperlancar pencernaan agar anda tidak sembelit.
  • Mencegah resiko diabetes.
    Diabetes sekarang merupakan penyakit yng berbahaya sekali bagi anda dengan memkan kacang merah anda dapat menghindari resiko tersebut sebab kandungan karbohidrat kompleknya berglikemik indek rendah dan termasuk lamban cerna sehingga anda jangan takut mengkonsumsinya dia memiliki karbohidrat yang rendah.
  • Membantu sel darah merah untuk matan, membantu sintesa DNA dan RNA Dalam darah , serta menurunkan level homosistein dalam pembuluh arteri (sehingga mengurangi resiko penyakit jantung yang dappat mengancam).
    Semua ini dapat di lakukan kacang merah sebab ia memiliki kandungan folat dan vitamin B6
  • Membantu program diet.
    Anda yang ingin diet dapat memasukan kacang merah dalm menu anda karena fiber yang merupakan kandungan gizi yang terdapat di kacang merah akan membuat Anda merasa kenyang dan kalorinya juga sangat rendah. Apalagi kandungan protein nabatinya akan bermanfaat untuk perkembangan massa otot tubuh  anda yang sedang berkembang.
  • Menjaga fungsi sistem syaraf, membantu metabolisme karbohidrat, dan mencegah penyakit beri – beri.
    Dengan kandungan thiamin yang terdapat di dalam kacang merah ini anda dapat menjaga fungsi system syaraf andas sehingga dappat berkerja dengan baik serta zat ini mampu membantu metabolism kkarbohidrat dan mencegah beri beri.
  • Membantu proses metabolisme asam amino, asam lemak, lipid, glukoneogenesis, sintesis neurotransmitter, sintesis histamine, sintesis dan fungsi haemoglobin serta menjaga kesehatan kulit sebab memiliki kandungan vitamin B6.
  • Membantu proses pembekuan darah pada luka.
  • Membantu pembentukan komponen utama sel – sel darah merah, pembentukan enzim, pembentukan tulang, mencegah resiko anemia (darah rendah) dengan kandungan zat mineral zinc, besi, dan tembaga yang ada di dalamnya.

Kandungan gizi yang terdapat di kacang merah sangat banyak jadi ada baiknya memasukan sebagai menu pilihan makanan anda di rumah. Bisa di gunakan sebagai cemilan ataupun makanan  ringan sebab sangat baik juga dia memiliki zat yang cepat membuat kenyang sehingga anda dapat menjaga berat badan anda juga bukan. Menjaga kesehatan lebih baik di lakukan dengan menjaga makanan atau asupan sehari hari annda di rumah sebab sekecil apapun makanan sehat ppasti bermanfaat bagi anda yang sedang  menjaga kesehatan.

About admin

Check Also

Makanan Vitamin Otak

Makanan Vitamin Otak

Makanan merupakan kebutuhan paling esensial bagi manusia. Tanpa adanya makanan, maka manusia mungkin sudah punah. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *