Friday , October 20 2017
Home / Kehamilan / Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan
Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan
Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan

Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan

Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan
Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan masa yang seperti anda tau banyak sekali perjuangan dimana masa ini membuat anda menjadi berubah baik dari segi fisik serta dari segi sikap atau emosi.  Perubahan terjadi akibat ada penyesuaian antara tubuh dengan bayi atau janin yang anda kandung. Banyak juga terjadi perubahan karena  berbagai hal  seperti rasa suka pada makanan. Salah satu hal yang harus anda perhatikan merupakan perubahan jadi jika anda tiba tiba merasa ada perubahan yang membuat kenyamanan anda terasa terganggu penting anda periksakan sebab mungkin saja anda terjangkit intoleransi laktosa. Dimana hal ini harus di hindari , jadi kita sebagai ibu hamil perlu cara menghindari intoleransi laktosa di masa kehamilan.

Sebelum mengetahui cara menghindari intoleransi laktosa di masa kehamilan, anda sebaggai ibu hamil pasti jarang mendengar masalah intoleransi lakosa dimana Intoleransi laktosa atau biasa disebut juga dengan defisiensi laktase berarti ketidak mampuan Anda untuk mencerna gula susu (laktosa) yang terdapat pada produk susu ataupun produk berbahan susu dengan baik. Memang tidak terlalu berbahaya namun tetap waspada sebab gejala – gejalanya seringkali membuat penderita merasa tak nyaman dan mungkin saja jika terus terjadi akan mendatangkan bahaya.

Ada 3 jenis intoleransi laktosa, yaitu sebagai berikut :

1. Intoleransi laktosa normal

Hal  ini terjadi ketika produksi enzim laktase menurun akibat pola makan yang bervariasi namun kurang asupan susu selama bertahun – tahun.

2. Intoleransi laktosa akibat penyakit atau cedera tertentu (intoleransi laktosa sekunder)

Hal ini merupakan sebuah Kondisi yang terjadi ketika usus halus menurunkan produksi enzim laktase pasca terserang penyakit, dioperasi atau mengalami cedera. Penyakit yang bisa mempengaruhi produksi enzim laktase oleh usus halus diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Penyakit celiac
  • Gastroenteritis
  • Radang usus seperti penyakit Crohn

3. Intoleransi laktosa bawaan sejak lahir (intoleransi laktosa kongenital)

Kondisi ini akan terjadi pada anda ketika kedua orang tua anda sama – sama mengalami cacat gen sehingga anaknya ikut terpengaruh akibat hal tersebut.

Intoleransi laktosa berarti bahwa tubuh tidak dapat dengan mudah mencerna laktosa, dimana laktosa merupakan sejenis gula alami yang ditemukan dalam susu dan produk susu. Intoleransi laktosa bisa menimpa siapa saja baik tua,uda maupun anak anak.

Bagi ibu hamil cara menghindari intoleransi laktosa di masa kehamilan harus di ketahui agar mampu menanganinya.  Gejala seseorang yang tengah hamil mengalami intoleransi laktosa adalah jika seorang ibu hamil yang mengkonsumsi susu tiba tiba  mengalami diare sesaat sesudah meminum susu tersebut.

Intoleransi laktosa timbul sebab tubuh tidak dapat dengan mudah mencerna laktosa, dimana laktosa ini sejenis gula alami yang ditemukan dalam susu dan produk yang terbuat dari susu. Ketika laktosa yang tidak dicerna tadi bergerak melalui usus besar (kolon) maka biasanya akan dapat menimbulkan gejala ketidaknyaman seperti sakit perut dan kembung.

Sebenarnya Intoleransi laktosa bisa menimpa siapa saja. Bahkan ada yang sampai tidak bisa mencerna susu maupun produk susu jenis apapun. Namun dalamkasus yang jarang terjadi seorang bayi yang baru lahir ada yang tidak tahan terhadap laktosa. dimana akan sangat tidak baik sebab orang yang lahir dengan intoleransi laktosa tidak dapat makan atau minum makanan yang mengandung laktosa dimana laktosa merupakan gizi yang baik bagi tubuh.

Namun biasanya pada beberapa bayi prematur mengalami intoleransi laktosa yang bersifat sementara karena keadaan usus sang bayi belum mampu memproduksi laktase. Setelah bayi mulai membuat laktase, kondisi biasanya hilang dan sang bayi dapat mengkonsumsi susu serta produk susu.

Cara menghindari intoleransi laktosa di masa kehamilan sangat perlu di tanyakan kepada dokter anda sebab ada intoleransi yang hanya berlangsung sementara. Maka ada baiknya jika anda segera menghubungi dokter terdekat sebab akan lebih baik memberikan pertolongan pertama sehingga mencegah resiko lebih buruk terjadi pada ibu hamil dimana akan bisa juga berdampak pada janin. Oleh karena itu jika anda merasa mengalami intoleransi laktosa ada baiknya untuk segera berkonsultasi.

About admin

Check Also

Bagaimana Terjadinya Proses Persalinan

Bagaimana Terjadinya Proses Persalinan

Sebuah kehamilan pasti akan mengalami proses maka sebuah proses akan berakhir pada sebuah  persalinan sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *