Monday , September 25 2017
Home / Kesehatan / Kenapa Aritmia disebut Gangguan Irama Jantung ?
Kenapa Aritmia disebut Gangguan Irama Jantung ?
Kenapa Aritmia disebut Gangguan Irama Jantung ?

Kenapa Aritmia disebut Gangguan Irama Jantung ?

Kenapa Aritmia disebut Gangguan Irama Jantung ?
Kenapa Aritmia disebut Gangguan Irama Jantung ?

Sebuah  penyakit serta kelainan timbul pada diri seseorang jika mereka kurang menjaga kesehatan atau memang terdapat gangguan di dalam tubuh yang tak mereka tau. Penyakit serta kelainan terjadi jika kita mulai menyadarinya saat tubuh mulai merasakan ada yang berbeda atau menimbulkan rasa sakit. Maka ada sebuah hal baru yaitu aritmia pasti menjadi pertanyaan kenapa aritmia di sebut gangguan irama jantung ?

Kenapa aritmia di sebut gangguan irama jantung ? maka sebelum kita menjawab pertanyaan ini lebih lanjut ada baiknya kita tahu apa itu aritmia. Aritmia jantung  atau gangguan irama jantung adalah  merupakan sebuah kondisi denyut jantung yang tidak menentu dan atau tidak teratur (menjadi terlalu cepat atau terlalu lambat) sehingga membuat penderitanya merasakan nyeri pada bagian jantung nya.

Kenapa aritmia di sebut gangguan irama jantung ? akan terjawab jika kita mengetahui apa penyebab terjadinya dimana Aritmia jantung ini terjadi ketika impuls listrik yang ada di jantung dimana sangat berperan dalam mengatur detak jantung anda mulai tidak bekerja dengan baik, dimana kondisi tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal yang anda lakukan, seperti :

  • Penyalahgunaan atau pemakaian narkoba.
  • Banyak mengkonsumsi minuman alkohol atau kafein tinggi.
  • Akibat konsumsi obat – obatan yang memiliki dampak pada jantung.
  • Pemakaian Suplemen diet dan pengobatan herbal yang memiliki efek samping.
  • Stress.
  • Gangguan atau adanya penyakit tertentu : adanya jaringan parut pada jantung, kardiomiopati, arteri koroner, tekanan darah tinggi, diabetes, hipertiroid, obesitas.

Sebelum anda mengetahui sebuah penyakit pasti merasakan gejala gejala pada tubuh anda dimana Aritmia jantung ini seringkali tidak bergejala, namun pada beberapa orang dapat muncul gejala seperti berikut ini (gejala pada umum nya) :

  • Jantung anda berdebar
  • Detak jantung cepat (takikardia) atau melambat (bradikardia)
  • Akan merasakan Nyeri dada
  • Terjadang di ikuti sesak napas
  • Merasakan pusing
  • Kadang sering pingsan
  • Sangat mudah lelah

Maka jika anda merasa efek efek atau dampak dampak tersebut muncul maka Untuk mendiagnosa  sebuah aritmia jantung ini dokter akan melakukan anamnese dan pemeriksaan fisik terlebih dahulu, kemudian bila diperlukan, dokter akan merekomendasikan pemeriksaan penunjang diagnostik untuk melihat kondisi jantung anda antara lain dengan cara:

Elektrokardiogram (EKG)

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi aktivitas listrik jantung anda apakah ada masalah atau tidak.

Holter monitor

Pemeriksaan ini dilakukan untuk merekam aktivitas jantung pada rutinitas sehari-hari

Echocardiogram

Seorang dokter dapat mellakukan pemeriksaan ini untuk melihat struktur serta gerak jantung

CT scan atau MRI

Di lakukan untuk mendiagnosa masalah jantung yang dapat menyebabkan aritmia jantung jika di perlukan.

Maka jika tidak ditemukan adanya aritmia selama melakukan pemeriksaan di atas, maka mungkin dokter akan mencoba memicu aritmia dengan tes lainnya, seperti melakukan stress test, tilt table test dan electrophysiological.

Jika terdiagnosa bahwa anda mengalami aritmia maka ada pengobatan yang bisa dilakukan, namun pengobatan aritmia jantung umumnya bertujuan untuk mengendalikan atau menghilangkan denyut jantung yang tidak teratur tersebut dengan cara sebagai berikut ini :

  • Pengobatan detak jantung lambat

Jika detak jantung anda lambat tanpa adanya penyebab yang dapat dikoreksi maka dengan akan digunakan alat pacu jantung sehingga dapat di ketahui penyebabnya apakahah karna tingkat hormon tiroid yang rendah atau efek samping obat dokter.

  • Pengobatan detak jantung cepat

Jika detakjantung anda berdetak cepat tanpa ada sebab yang jelas maka pengobatan yang dilakukan dapat berupa manuver vagal, kardioversi, ablation therapy, dan pemberian obat anti-aritmia.

Namun dalam beberapa kasus aritmia jantung, sang dokter dapat menganjurkan tindakan implan atau bedah jantung.

Risiko terjadinya aritmia jantung dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat maka bagi anda yang ingin menyehatkan jantung lakukan halberikut :

  • Mulai melakukan pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung anda sebbab banyak makanan yang mampu mebuat kinerja jantung lebih efektif
  • Usahakan untuk berhenti merokok
  • Melakukan olah raga setidaknya 30 menit sehari
  • Mengurangi konsumsi minuman dengan kafein dan alkohol

About admin

Check Also

Makanan Vitamin Otak

Makanan Vitamin Otak

Makanan merupakan kebutuhan paling esensial bagi manusia. Tanpa adanya makanan, maka manusia mungkin sudah punah. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *