Thursday , August 24 2017
Home / Gaya Hidup / Jadwal Diet Makan Malam ? Gak Masalah
Jadwal Diet Makan Malam ? Gak Masalah
Jadwal Diet Makan Malam ? Gak Masalah

Jadwal Diet Makan Malam ? Gak Masalah

Jadwal Diet Makan Malam ? Gak Masalah
Jadwal Diet Makan Malam ? Gak Masalah

Kebanyakan dari anda yang sedang menjalani program diet, akan menghilangkan makan malam dari daftar anda. Anda mungkin sering mendengar larangan untuk makan tidak terlalu malam. Anda percaya bahwa makan malam dapat menyebabkan terjadinya penimbunan lemak dalam tubuh. Banyak juga yang beranggapan bahwa makanan yang masuk pada malam hari, nantinya hanya akan tertimbun, karena manusia jarang beraktivitas pada malam hari.

Oleh karena itu, para wanita yang beranggapan demikian, benar-benar akan mencoret makan malam dari program diet mereka.Kalaupun ada makan malam pada daftar mereka, mereka hanya akan mengonsumsi makanan-makanan ringan.

Pemahaman seperti itu, seharusnya dihilangkan, karena penelitian menunjukkan bahwa makan malam sama sekali tidak akan membuat tubuh anda menjadi langsing secara drastis.

Makan malam tidak akan mengacaukan program diet yang anda susun, akan tetapi makan malam justru dapat menjaga kestabilan berat badan anda. Jadi, mulai sekarang jangan coret makan malam dari program diet anda.

Adapun beberapa tips yang dapat membantu anda dalam membuat jadwal diet makan malam :

1. Kontrol asupan kalori anda

Anda tidak perlu menghapuskan makan malam dari agenda pemenuhan gizi Anda. Kebutuhan kalori untuk setiap manusia pastilah berbeda. Menurut survei bahwa sebagian besar para wanita yang sudah dewasa membutuhkan asupan kalori sebanyak 1500 kalori dalam sehari.

Untuk jumlah kalori sebanyak itu, anda bisa membaginya dalam tiga kali waktu makan. Pagi hari bisa memakan makanan yang mengandung kalori sebanyak 500 kalori, lalu makan siang asupan kalori di usahakan mencapai 600 kalori, dan sisanya bisa anda pergunakan untuk  makan malam.

Jatah kalori untuk makan malam memang cenderung lebih sedikit, karena metabolisme tubuh manusia pada malam hari berbeda dengan metabolisme tubuh manusia pada saat siang hari. Kalori yang berlebih pada saat makan malam juga tidak terlalu baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi, yang harus anda lakukan adalah mengontrol asupan kalori anda. Dianjurkan anda menyantap makan malam antara jam 6 sampai jam 7 malam. Jarak antara makan malam dengan jadwal tidur harus disesuaikan. Lebih baik 3 jam setelah makan malam anda bisa mulai tidur.

2. Pilihlah menu makan malam yang kaya serat

Untuk makan malam, pilihlah makanan yang mengandung serat yang tinggi. Ini akan membuat gula darah dalam tubuh anda tetap stabil. Anda bisa memulai makan malam anda dengan pembuka berupa sup sayuran hangat non tepung atau salad sayur dalam porsi besar. Jika anda memilih salad sayur dalam porsi besar, jangan lupa anda harus membatasi jumlah keju dan mayonnaise yang anda gunakan. Jangan lupa untuk minum air putih yang banyak di sepanjang makan malam anda.

3. Sibukkan diri anda dengan kegiatan lain

Jika anda masih merasa lapar setelah menyantap makan malam, jangan coba-coba berpikir untuk makan untuk kedua kalinya, karena itu akan menghancurkan program diet yang anda susun selama ini. Anda dapat mencoba mengalihkan rasa lapar ini dengan menyibukkan diri. Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan lain, seperti : merajut, menggambar, mengisi teka-teki silang, ataupun membaca. Selain itu, merencanakan keluar rumah, seperti mengunjungi keluarga atau berolahraga di luar rumah juga merupakan salah satu cara mengalihkan lapar di malam hari

4. Ikuti pola makan yang dianjurkan oleh para pakar gizi

Anda tidak harus membuang jadwal makan malam hanya dengan alasan diet. Anda dapat bertanya pada pakar-pakar gizi dan meminta mereka menyusun pola makan anda, atau anda ingin mencoba pola makan seperti ini : Untuk sarapan (jam 7 pagi), dianjurkan untuk mengonsumsi 1 telur rebus dan sepiring oatmeal. Anda juga boleh mengonsumsi snack pagi (jam 10 pagi), berupa sebutir apel dan 5 buah pisang. Untuk menu makan siang (jam 1), anda dapat mengonsumsi 1 ons dada ayam, 1 mangkuk nasi merah, dan sayur mayur. Jika anda ingin mengonsumsi snack siang (jam 4), anda dapat mencoba sepotong roti gandum. Untuk makan malam (jam 7), anda dapat menyantap 1 ons dada ayam dan makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah. Sebelum tidur (jam 9) anda juga dapat mengonsumsi susu rendah lemak dan gula.

Ikuti tips-tips diatas, sekali lagi anda kami ingatkan bahwa anda tidak perlu menghapus jadwal makan malam anda hanya untuk berdiet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai mana mestinya.

About admin

Check Also

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sering dihadapi banyak orang yang tanpa mereka sadari mereka telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *