Friday , October 20 2017
Home / Bayi / Bubur Susu Untuk Bayi
Bubur Susu Untuk Bayi

Bubur Susu Untuk Bayi

Bubur Susu Untuk Bayi
Bubur Susu Untuk Bayi

Pada saat bayi anda memasuki usia 6 bulan dalam kehidupannya, anda boleh mulai memberinya makanan padat, seperti bubur susu bayi. Namun, sebaiknya adan sesuaikan dulu dengan kondisi bayi anda.

Mengenalkan makanan padat tentunya tidak mudah. Meskipun bayi itu terlihat kecil, lemah dan tak berdaya, namun bayi itu tidak bisa di paksa untuk mengenal sesuatu. Usahakan bayi anda tetap di dalam keadaan sehat dan nyaman.

Anda boleh mencobanya dengan bubur susu bayi yang tentunya berbeda dengan bubur jenis lain. Bubur susu bayi ini hanya di khususkan untuk bayi. Ketika bayi anda mulai mengenal dan mengonsumsi bubur ini, maka tentunya akan memberikan pengaruh yang bak untuk tubuhnya.

Bubur susu bayi ini pada umumnya akan menjadi makanan favorit bayi pada saat di kenalkan. Bayi biasanya akan menunujukkan reaksi positif jika menerima sesuatu yang menyenangkan baginya.

Agar bayi anda mudah mengenal jenis makanan padat, berikut ini akan di uraikan mengenai bubur susu bayi.

1. Mengenal bubur susu bayi

Sebenarnya, bayi memiliki tahapan tersendiri dalam mengenal makanan padat selain ASI. Namun, perbedaan tersebut tidak terlalu kentara. Memang pada saat ia memasuki usia 6 bulan mereka mempunyai reflex untuk mencari makanan.

Adapun beberapa sikap yang di tunjukkan seperti merebut piring yang dibawa oleh orang tuanya dan ketika diberi sendok kosong mulutnya akan terbuka seolah-olah ia sudah siap menerima makanan.

Hal tersebut sering sekali terjadi dan bisa anda amati secara langsung. Jadi, anda tidak perlu khawatir bila anda menunjukkan reaksi tersebut.

Reaksi yang di timbulkan tersebut merupakan tanda awal bahwa bayi anda telah siap untuk diperkenalkan pada makanan padat, misalnya bubur susu bayi. Namun, perlu anda perhatikan juga jika satu sendok suapan pertama masuk ke dalam mulutnya, biasanya bayi akan menolaknya dan menunjukkan reaksi kurang suka.

Anda tidak perlu khawatir, hal tersebut termasuk ke dalam sikap yang wajar karena ia belum terbiasa dan masih merasa baru. Jadi, sebaiknya anda biarkan ia beradaptasi secara pelan-pelan terhadap jenis makanan selain ASI.

Pada umumnya, bayi juga akan menolak suapan kedua dan begitu pula dengan suapan yang ketiga. Bayi biasanya akan mengeluarkannya dengan menjulurkan lidahnya karena tidak suka. Bahkan, beberapa bayi pada akhirnya akan memilih ASI dan tidak mau makan makanan padat sama sekali.

Hal tersebut merupakan hal yang wajar. Namun, anda sebagai orang tua haruslah dengan sabar memberinya secara terus menerus sampai ia terbiasa dengan makanan tersebut. Anda tidak bisa memaksa bayi anda untuk langusng menyukainya.

Sikap bayi yang menunjukkan penolakan ini kadang dibarengi dengan sikap orang tua yang permisif. Mereka cenderung menuruti keinginan bayi mereka dan hanya memberikan ASI. Sebaiknya anda sebagai orang tua menghidari sikap tersebut.

Karena, bayi memerlukan nutrisi lain selain dari ASI ketika usianya mulai bertambah. Jika ia tidak mendapatkan nutrisi lain, bagaimana tubuhnya dapat berkembang ? Oleh karena itu, tugas orang tua memanglah tidak gampang.

Jika anda bersikap seperti itu, pada umumnya bayi anda akan tetap menolak makanan padat sampai ia berusia 1,5 tahun. Benar-benar mengkhawatirkan bukan ? Oleh karena itu, anda tidak boleh senantiasa menuruti keinginan bayi.

Memang benar ASI merupakan makanan terbaik, namun makanan pendamping seperti bubur susu bayi juga baik.

2. Tips mengenalkan makanan padat pada bayi

Adapun beberapa tips agar anak anda lebih mudah mengenal makanan padat.

  • Sebaiknya anda mengenalkan makanan yang tidak menimbulkan reaksi alergi, karena penyembuhan alergi akan memakan waktu yang sangat lama.
  • Sebaiknya anda memilih makanan yang hampir sama dengan rasa ASI, misalmnya bubur susu bayi dengan tujuan untuk memudahkan proses pengenalan makanan padat.
  • Dianjurkan bagi anda untuk menyuapinya dengan jari dan biarkan ia menghisap makanan yang menempel pada jari anda. Jangan lupa jaga kebersihan tangan anda.
  • Dianjurkan untuk meningkatkan kekentalan makanan secara bertahap dan meletakkannya pada bagian tengah lidah bayi.
  • Setelah itu, anda dapat memulainya dengan memberikan serealia yang berasal dari tepung maupun buah.

Inilah uraian singkat mengenai bubur susu bayi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

About admin

Check Also

Pentingnya Air Susu Ibu Untuk Bayi

Pentingnya Air Susu Ibu Untuk Bayi

Air susu ibu atau ASI merupakan makanan pokok bagi bayi, terutama yang baru lahir. Namun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *