Saturday , September 23 2017
Home / Kehamilan / Bagaimana Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil
Bagaimana Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil
Bagaimana Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil

Bagaimana Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil

Bagaimana Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil
Bagaimana Cara Menjaga Berat Badan Saat Hamil

Penting memperhatikan sekecil apapun perubahan pada diri anda ketika sedang hamil sebab perubahan tersebut ada kalanya di sebut perubahan wajar adapula merupakan bentuk sebuah gangguan terjadi pada kandungan anda. Maka perubahan berat badan saat hamil pun perlu di control dan di ketahui. Ada baiknya jika menjaga berat badan tetap pada angka yang normal sebab selain baik bagi kandungan yaitu janin anda juga baik untuk diri anda. Maka dari itu perlu kita ketahui tentang bagaimana cara menjaga  berat badan saat hamil.

Perlu di ketahui bagaimana cara menjaga  berat badan saat hamil yaitu sebagai berikut:

Penimbangan berat badan teratur setiap minggu

Bagaimana cara menjaga  berat badan saat hamil ? maka perlu adanya penimbangan guna mengecek berat badan saat hamil setiap minggunya setelah memasuki masa stabil yaitu setelah hilangnya ngidam yang biasanya terjadi setelah memasuki minggu ke 16 kehamilan anda. Timbang serta catatlah berat badan secara teratur minimal satu minggu sekali.

Dengan penimbangan secara teratur kita mampu mengetahui pertambahan berat badan yang kurang normal secara dini sehingga akan memudahkan kita untuk memulai tindakan pengontrolan terhadap hal tersebut. Penambahan berat badan yang normal bagi seorang wanita hamil yaitu pertambahan berat badan Anda 1,6 kg setiap minggunya pada trimester kedua dan 454 gram per minggu pada trimester ketiga dan sebagai patokan umumnya usahakan pertambahan berat badan anda ketika hamil tidak lebih dari 300 gr setiap minggu. Jika merasa berat badan anda naik lebih dari patokan setiap minggunya jangan melakukan diet ketat sebab berbahaya bagi tumbuh kembang janin. Sebab ia masih butuh asupan gizi setiap harinya.

Pola makan serta konsumsi makanan seimbang

Ada waktunya seorang ibu hamil memasuki masa mual dan muntah menghiasi hari tersebut sehingga membuat kecendrungan makan berkurang namun saat memasuki masa stabil trimester 2 biasanya tidak ada lagi mual dan muntah sehingga kecenderungan nafsu makan relatif bertambah secara tiba – tiba. Sehingga pada masa ini anda perlu di perlukan pengontrolan diri terhadap hasrat itu. Usahakanlah mengkontrol pola makan anda dengan makan tiga kali dalam sehari secara teratur dengan jumlah porsi sesuai kebutuhan yang seharusnya (tidak lebih tidak kurang) serta ada baiknya pada waktu yang sama setiap harinya, dengan komposisi makanan yang di konsumsi itu seimbang dari sumber yang bervariasi. Untuk masalah cemilan,  seorang Ibu hamil tetap boleh ngemil, bahkan dianjurkan, karena  seorang ibu hamil tidak boleh berada dalam keadaan kelaparan, atau kehausan, namun jangan ngemil berlebihan dan jangan pula cemilan tersebut bukan cemilan yang bergizi. Ada baiknya memakan buah sebagai cemilan anda.

Kebiasaan makan dibentuk dengan makan dengan tenang, di kunyah dan tidak terburu buru

Kebiasaan makan akan menjadi factor sebuah berat badan naik maka membentuk kebiasaan makan yang baik merupakan salah satu jawaban dari bagaimana cara menjaga  berat badan saat hamil.

Pernahkan anda mendengar pernyataan mengunyah makanan harus 32 kali untuk membantu kerja lambung anda.  faktanya bila Anda makan secara terburu – buru, gula darah akan meningkat sehingga berbahaya untuk ibu hamil. Peningkatan gula darah terjadi ketika sumber karbohidrat yang Anda konsumsi sudah diserap oleh usus dan masuk ke dalam sirkulasi darah. Sebenarnya jika anda menjaga kadar gula darah anda dalam batasan normal maka akan membuat Anda merasa kenyang.

Jangan mengkonsumsi makanan 3 jam sebelum tidur

Tips bagaimana cara menjaga  berat badan saat hamil sama seperti tips diet sehat. Larangannya yaitu jangan makan 3 jam sebelum tidur sebab makanan yang di konsumsi beberapa saat sebelum tidur akan di serap dan di simpan di lemak bagian bawah kulit, sehingga menyebabkan kegemukan terjadi pada anda.

Bagaimana cara menjaga  berat badan saat hamil telah anda ketahui, tetap jaga berat badan anda ketika hamil jangan makan terlalu banyak sebab beranggapan bahwa makanan yang kita makan akan di serap oleh dua orang (kita dan bayi kita). Dan jangan juga diet sehingga kekurangan gizi pula. Makan secara teratur , seimbang, tenang dan sehat serta olah raga merupakan kunci guna mendapatkan berat badan normal.

About admin

Check Also

Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan

Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan masa yang seperti anda tau banyak sekali perjuangan dimana masa ini membuat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *