Thursday , August 24 2017
Home / Bayi / Pentingnya Air Susu Ibu Untuk Bayi
Pentingnya Air Susu Ibu Untuk Bayi
Pentingnya Air Susu Ibu Untuk Bayi

Pentingnya Air Susu Ibu Untuk Bayi

Air susu ibu atau ASI merupakan makanan pokok bagi bayi, terutama yang baru lahir. Namun berbeda dengan jaman dulu, sekarang ini tidak semua ibu dapat memberikan ASI kepada bayinya.

Mereka yang tidak bisa memberikan ASI kepada bayinya, menggantikan kebutuhan pokok ini dengan memberikan susu formula. Mereka tidak mengetahui pentingnya air susu ibu untuk bayi. Banyak sekali alasan mereka tidak memberikan ASI pada bayinya.

Pentingnya Air Susu Ibu Untuk Bayi
Pentingnya Air Susu Ibu Untuk Bayi

Alasan paling umum diantaranya adalah ASI tidak keluar, sibuk bekerja, ibu mempunyai penyakit tertentu yang tidak memperbolehkan dia untuk menyusui, dan alasan lainnya. Untuk itu mereka menggunakan susu formula.

Memang benar bahwa susu formula mengandung sejumlah kandungan gizi penting yang dibutuhkan oleh bayi dan tentunya dapat menggantikan ASI. Namun, bagaimanapun juga ASI tetaplah yang terbaik dan tidak dapat digantikan oleh susu formula sekalipun yang mahal ataupun merek terkenal.

ASI terutama ASI eksklusif merupakan makanan yang tidak dapat digantikan oleh apapun. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi ASI semasa kecilnya, pada umumnya mempunyai tingkat kecerdasan atau IQ yang lebih tinggi 9 point dibandingkan dengan anak yang tidak mendapatkan ASI.

Pentingnya air susu ibu untuk bayi tidak hanya sebatas pada alasan kesehatan dan kebutuhan. Sebenarnya, pemberian ASI kepada bayi dengan cara menyusui juga dapat menjalin kasih saying antara anak dan ibunya.

Selain itu, menyusui juga dapat mengurangi terjadinya pendarahan setelah melahirkan, mempercepat pemulihan kesehatan ibu, mengurangi resiko terjadinya kanker payudara, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Oleh karena itu, untuk lebih jelas mengenai pentingnya air susu ibu untuk bayi, simaklah yang berikut ini.

Manfaat ASI Ibu

Setelah dilakukan penelitian oleh berbagai Negara, ASI dinyatakan sebagai makanan terbaik id dunia untuk bayi dan tidak dapat digantikan. Ditemukan juga alasan pentingnya air susu ibu untuk bayi, diantaranya adalah :

  • ASI banyak mengandung sari-sari makanan yang bisa mempercepat pertumbuhan sel-sel otak pada bayi. Inilah sebabnya ASI dikatakan sebagai makanan pencerdas otak bayi yang alami.
  • ASI dapat menjaga sistem kekebalan tubuh yang bagus dan kuat terhadap berbagai macam serangan penyakit yang menyerang bayi. Bayi yang baru lahir tentu saja sangat mudah terserang oleh berbagai virus dan bakteri. Oleh karena itu, sebaiknya diberikan ASI agar ia tidak mudah sakit.
  • ASI dapat membedakan mana bakteri yang menguntungkan dan mana bakteri yang merugikan.
  • ASI mudah dicerna karena strukturnya yang lembut dan encer. Hal ini amatlah penting, karena sistem pencernaan pada bayi belum terbentuk dengan sempurna. Jadi, ASI merupakan pilihan makanan yang paling tepat.
  • ASI juga mengandung sejumlah zat penting bagi bayi, misalnya omega 3 dan asam linoleat alfa yang sangat baik bagi perkembangan otak dan retina pada bayi.
  • ASI dalam jangka panjang mampu mencegah terjadinya penyakit serangan jantung. Sehingga, bayi yang mengonsumsi ASI sejak kecil akan mempunyai resiko terkena penyakit jantung lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkan ASI.
  • ASI mampu menghasilkan sebuah hormone yang dapat mengurangi resiko kelebihan berat badan.
  • ASI sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi bagi si kecil.
  • Pemberian ASI juga dapat mempengaruhi hubungan psikologis antara anak dan ibu. Biasanya, anak yang diberi ASI cenderung lebih dekat dengan ibunya, dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan ASI.
  • ASI mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan mineral lainnya dalam jumlah seimbang dan sangat dibutuhkan oleh bayi.

Inilah beberapa alasan pentingnya air susu ibu untuk bayi. Meskipun demikian, tingkat pemberian ASI di Negara kita masih sangat memprihatinkan. Hal ini mungkin disebabkan oleh kesadaran masyarakat yang masih rendah mengenai pentingnya air susu ibu untuk bayi.

Selain itu, mungkin juga disebabkan oleh pendidikan yang rendah. Padahal, rendahnya pemberian ASI merupakan sebuah ancaman bagi pertumbuhan seorang anak dan perkembangan kualitas SDM di Negara ini.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi anda. Semoga lewat artikel ini kesadaran akan pentingnya ASI dapat bertumbuh.

About admin

Check Also

Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan

Cara Menghindari Intoleransi Laktosa di Masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan masa yang seperti anda tau banyak sekali perjuangan dimana masa ini membuat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *